Strategi Marketing a la Pecel Lele Lela

Dalam sebuah bisnis atau usaha, yang paling penting sebenarnya adalah bagaimana kita menjual sebuah produk itu. Karena, itulah sebenarnya unjung tombak dari sebuah bisnis: menjual. Percuma saja anda memiliki kemampuan yang mumpuni untuk memproduksi produk dengan kualitas tinggi dan mampu mengatur arus kas bisnis anda, apabila pada ujungnya anda gagal menjual produk yang anda ciptakan. Akhirnya, perputaran bisnis anda akan tersendat. Sungguh, nadi aliran darah dari sebuah bisnis adalah penjualan. Jadi, anda harus konsen dengan segmen penjualan tanpa mengabaikan bagian pentingnya lainnya. Maka dari itu anda sangat memerlukan strategi marketing. Penjualan tanpa strategi sama saja dengan menjual untuk tidak laku. Dan salah satu pelopor bisnis yang cukup baik dalam menerapkan strategi marketingnya adalah sebuah bisnis kuliner waralaba bernama pecel lele lela. Pecel lele lela ini didirikan oleh Rangga Umara. Hanya dalam waktu lima tahun cabangnya sudah ada dimana-mana. Hal itu tidak lepas dari strategi marketing yang diterapkan oleh Rangga Umara pada bisnis pecel lela. Berikut adalaha rahasia dari penerapan strategi marketing a la pecel lele lela.

  • Deferensiasi produk

Strategi marketing tak boleh diceraikan dari kualitas produk. Produk yang menarik tentu saja menjadi daya tarik bagi para konsumen. Salah satu yang diterapkan oleh pecel lele lela pada pecel lelenya adalah deferensiasi. Atau barangkali juga bisa disebut sebuah inovasi pada produk. Jika sebagian besar atau pada umumnya pecel lele itu selalu di goring dan disajikan dengan secobek sambal, maka pecel lele lela lain dari pada yang lain. Pecel lele ini dikombinasikan dan diberi inovasi dalam penyajiannya. Ada yang digoreng dengan tepung. Ada yang dimasak dengan saus rica-rica. Ada yang dibalur dengan sambal hijau yang nikmat. Dan lain sebagainya. Inilah yang menjadi daya tarik dari pecel lele lela.

Baca Juga: 6 Strategi Marketing Online Yang Paling Efektif

  • Deferensiasi harga

Tentu yang menjadi daya pikat bagi konsumen juga termasuk harga. Harga menjadi salah satu pertimbangan ketika membeli. Jadi, harga juga bisa menjadi penentu. Enak dan murah, selalu menjadi tagline ajaib yang mampu membuat para konsumen tergiur untuk mencicipinya. Pecel lele lela mempraktikkan ini. Yaitu dengan membuat variasi harga yang banyak. Selain itu, pecel lele lela juga memberikan kejutan bagi mereka yang ulang tahun dan bernama lela. Yang ulang tahun gratis makan waktu hari ulang tahun itu berlangsung. Sedangkan nama lela, bisa makan gratis sepuasnya di sini.

  • Label Menarik

Salah satu yang menjadi cirikhas dari pecel lele lela adalah labelnya yang menarik. Labelnya lele dengan frame logo yang mengingatkan kita pada logo merk kopi starbuck. Ini menjadi salah satu daya pikat bagi konsumen.

Berikut tadi strategi marketing a la pecel lele lela yang mungkin bisa anda prakttekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *