Strategi Marketing Agar Sukses Berbisnis Online

Ada banyak sekali alasan seorang pebisnis membangun bisnis online, dari yang sekadar untuk mengisi waktu luang hingga yang memang benar-benar serius menjalankan bisnis ini sebagai lahan mencari penghasilan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Apapun alasan seseorang merintis usaha atau bisnis online, ada satu hal yang tidak boleh terlupakan agar bisnis yang mereka jalankan bisa berjalan lancar dan sukses, yaitu harus menyusun strategi marketing. Setiap pebisnis harus benar-benar memikirkan strategi agar produk yang dijualnya bisa dikenal oleh publik dan kemudian diburu oleh pembeli. Tanpa adanya strategi pemasaran, sebagus apapun kualitas barang yang dijual, pembeli akan sulit datang.

Terdapat banyak sekali teori-teori seputar bisnis yang mewedarkan tentang strategi marketing, baik marketing konvensional atau umum, maupun marketing secara online di internet. Setiap teori yang diuraikan dan dijabarkan secara panjang lebar pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yaitu bagaimana agar pembeli bisa tertarik untuk membeli produk yang dijual dan bagaimana agar jualan tersebut bisa laris manis di pasaran. Berikut ini adalah beberapa strategi pemasaran yang paling banyak diterapkan pebisnis dan terbukti membawa dampak yang signifikan bagi kesuksesan bisnis yang mereka jalankan.

Melakukan Riset

Hal pertama yang harus dilakukan oleh pebisnis adalah melakukan riset terlebih dahulu, yaitu melihat pangsa pasar yang sedang ramai dan meriset barang atau jasa yang sedang banyak dibutuhkan oleh masyarakat. Hal ini sangat penting dilakukan agar pebisnis mengetahui seberapa besar peluang untuk berbisnis di bidang tersebut. Namun jika seorang pebisnis sudah menentukan produk dan jasa yang akan diperjual belikannya, maka riset yang harus dilakukan adalah membuat peta persaingan, yaitu mencari tahu pebisnis-pebisnis yang menjual produk yang sama dan mencari tahu apa saja kelebihan dan kekurangan mereka masing-masing. Dengan demikian, seorang pebisnis dapat mengetahui kelebihan pebisnis lainnya sehingga bisa melebihi keunggulan dari pesaingnya, dan menambal kekurangan yang dimiliki oleh pesaingnya dengan meningkatkan kualitas dirinya. Jika memang tidak sanggup untuk lebih unggul dari pesaing, maka jangan harap untuk mendapatkan pelanggan yang lebih banyak dari para pesaingnya tersebut.

Mencari Tahu Kebutuhan Konsumen

Dalam berbisnis, pembeli atau konsumen diposisikan sebagai Raja. Seorang pedagang atau pebisnis harus melayani pembeli sebaik mungkin dengan pelayanan yang maksimal. Agar pelayanan yang diberikan kepada pembeli bisa maksimal, adakan survey kecil-kecilan atau pengamatan tentang apa yang disukai oleh pembeli online. Misalnya, jika kebanyakan pembeli di toko online menyukai diskon, maka berikanlah harga diskon sejauh itu tidak merugikan. Misalnya mayoritas pembeli menyukai pelayanan yang ramah, maka berikanlah pelayanan yang ramah kepada pembeli. Galilah kebutuhan konsumen atau apa yang sebenarnya dibutuhkan oleh konsumen dari pihak penjual.  Selain dalam hal pelayanan, yang dimaksud dengan mencari tahu kebutuhan konsumen dalam strategi marketing adalah mencari tahu jenis-jenis barang yang sedang digemari dan dibutuhkan oleh konsumen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *