Strategi Marketing Berbisnis Buku untuk Penerbit Kecil

Buku merupakan gudang ilmu. Buku merupakan sebuah media untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, sehingga ilmu pengetahuan dapat tersebar lebih luas. Di Indonesia, terdapat ribuan penerbit buku, mulai dari penerbit skala besar hingga penerbit skala rumahan. Mulai dari penerbit mayor hingga penerbit indie. Setiap penerbit memiliki ciri khas masing-masing, baik dari segi tema, gambar sampul, pemilihan font, bahkan hingga kategori dan gaya penulisan masing-masing penerbit berbeda-beda. Selain itu, target pembaca masing-masing penerbit juga berbeda-beda, tergantung konten buku atau isi masing-masing buku. Berbisnis buku di Indonesia dapat dikatakan gampang-gampang susah. Disebut gampang karena untuk memproduksi sebuah buku, penerbit tidak perlu memiliki mesin cetak sendiri, bahkan penerbit skala rumahan yang dikelola perorangan pun bisa menerbitkan buku. Sementara susahnya adalah dalam hal penjualan buku. Minat baca masyarakat Indonesia yang masih rendah merupakan alasan mengapa menjual atau memasarkan buku cukup sulit dilakukan, dan membutuhkan strategi marketing yang tepat.

Terdapat beberapa langkah dari penerbit-penerbit besar dalam memasarkan buku, misalnya dengan cara mengikuti tender pengadaan perpustakaan atau penyediaan buku yang diselenggarakan oleh pemerintah, sehingga dengan memenangkan tender tersebut, buku dapat habis terjual. Namun cara ini akan sulit dilakukan oleh penerbit kecil. Berikut ini adalah beberapa strategi marketing berbisnis buku untuk penerbit kecil.

  • Mengadakan Bazar Buku di Sekolah atau Kampus

Penerbit besar tidak akan merasa kesulitan dalam memasarkan buku, sebab biasanya mereka akan berkerja sama dengan toko buku atau bahkan memiliki jaringan distribusi dan toko buku sendiri. Bagi penerbit kecil, mendistribusikan buku secara profesional ke distributor akan sulit dilakukan, sebab dikenai beaya yang cukup besar, bahkan hingga 60% harga buku. Cara alternatif untuk memasarkan buku adalah dengan mengadakan bazar buku di sekolah atau kampus dengan cara bekerja sama jika di kampus tersebut ada acara, misalnya acara diskusi. Bukalah lapak kecil-kecilan di sekitar lokasi acara untuk menjaring pembeli.

Baca Juga: 5 Strategi Marketing Online untuk Meningkatkan Penjualan

  • Mengadakan Talkshow, Launching atau Bedah Buku

Talkshow, launching, atau bedah buku merupakan cara praktis untuk memperkenalkan sebuah buku baru ke publik. Jika ingin lebih efektif dan bukunya semakin dikenal, lakukanlah semacam roadshow ke beberapa kota yang beaya transportasinya dapat terjangkau dan tertutupi dengan penjualan 3-5 buku.

  • Memasarkan Buku Secara Online

Saat ini, banyak penerbit kecil yang lebih memilih cara instan dan praktis dalam memasarkan buku mereka, yaitu dengan menjualnya secara online dengan mengandalkan berbagai situs media sosial di internet, seperti facebook, twitter, dan instagram. Dengan menerapkan strategi marketing yang tepat, misalnya dengan memberikan diskon atau paket pembelian, membebaskan ongkos kirim untuk nominal jumlah pembelian tertentu, akan banyak pengguna internet, khususnya kaum terpelajar yang tertarik untuk membeli buku tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *