Strategi Marketing untuk Penjualan Online

Meningkatnya pengguna internet saat ini tentunya memberikan pengaruh yang signifikan terhadap bisnis yang ada di dunia maya. Ada ribuan bahkan jutaan orang di Indonesia yang kini menggeluti usaha atau bisnis online yang menawarkan beragam produk, oleh karena itu persaingan antara pedagang online pun semakin ketat. Maka dari itu, apabila ingin memenangkan persaingan, maka penjual online harus memiliki strategi marketing yang tepat, dan berikut ini adalah beberapa strategi penjualan yang bisa diterapkan:

  1. Strategi Pemasaran Menggunakan Website atau Blog

Memiliki website atau blog sebagai penunjang penjualan produk secara online tentunya menjadi strategi yang penting, apalagi jika website atau tersebut telah diset sedemikian rupa seperti add to chart, maka seolah-olah penjual memiliki toko online yang buka selama 24 jam.

Apabila menggunakan website atau blog untuk memasarkan produk, hal yang harus diingat adalah penggunaan foto yang berkualitas serta penjelasan spesifikasi produk yang jelas, sehingga calon pembeli tak akan mengalami kebingungan ketika ingin membeli produk di website atau blog.

  1. Optimasi Website

Memiliki website atau blog untuk menjual produk, tak akan lengkap jika tidak mengoptimasi website dan blog tersebut, dimana sebagian besar orang menggunakan search engine seperti google untuk mencari kata kunci sebuah produk. Dengan  memanfaatkan search engine, maka website akan akan ada di tampilan halaman awal google, dan ini tentunya bisa mendatangkan pembeli dengan jumlah yang lebih besar.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Saat ini, hampir setiap orang memiliki media sosial, bahkan tak sedikit yang memiliki media sosial lebih dari satu. Oleh karena itu, para pedagang online harus bisa memanfaatkan media sosial dalam strategi marketing untuk mengenalkan atau mempromosikan produk yang dijual. Sebaiknya manfaatkan seluruh sosial media yang ada, meski terkesan ribet, namun hal ini tentunya bisa memberikan pengaruh yang signifikan terhadap penjualan produk.

  1. Email Marketing

Selain memanfaatkan website serta media sosial, para penjual online juga dapat memanfaatkan email untuk media promosi. Misalnya seperti info produk terbaru dapat dikirimkan ke email calon pembeli, dengan cara ini promosi bisa dilakukan dengan mudah dan murah.

  1. Promosi Melalui Iklan Online

Strategi penjualan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan iklan online gratisan yang banyak menjamur di dunia maya. Namun, apabila ingin yang lebih profesional, bisa juga menggunakan Facebook Ad yang tentunya berbayar. Facebook Ad ini akan menempatkan iklan sesuai target pasar, misalnya penawaran produk kecantikan, maka halaman tersebut akan dibagikan ke pengguna-pengguna perempuan, sehingga pedagang online tak perlu khawatir barangnya tidak terpromosikan sesuai sasaran.

Itulah beberapa strategi marketing yang bisa diterapkan oleh pedagang online agar barang-barang yang dijual bisa laris dan memperoleh untuk besar dan berlipat ganda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *