Strategi Marketing Yang Sederhana Dan Ampuh Mendatangkan Konsumen

Dengan adanya internet berdampak pada beberapa perubahan diberbagai sektor kehidupan, salah satunya adalah di kegiatan jual beli. Berkembangnya di sector bisnis online diikuti pula dengan perkembangan ilmu marketing yang berbeda dengan strategi marketing menjalankan bisnis konvensional (offline).

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda dapatkan dari artikel-artikel mengenai bagaimana menjalankan strategi marketing. Namun tidak sedikit yang masih bingung memilih mana yang tepat, khususnya bagi para pemula yang baru memulai bisnis.

Dalam pembahasan berikut ini, kita akan mengulas berbagai tips yang paling mudah dan seerhana kegiatan marketing yang bisa dijalankan oleh para pemula.

Kenali Siapa Konsumen Anda

Jika mengenal konsumen dengan baik, maka Anda bisa melakukan proses atau kegiatan marketing. Anda bisa lebih mengetahui apa saja kebutuhan mereka, apa yang diinginkan sehingga dengan mudah Anda bisa melakukan strategi marketing yang tepat. Buat pendekatan secara alami dan buat mereka menjadi tertarik dengan apa yang Anda tawarkan karena muncul dari dalam hatinya, bukan atas dasar paksaan atau sekedar rekomendasi dari orang lain.

Rencanakan Produk Dan Cara Pelayanan

Menjalankan teknik marketing, perlu perencanaan yang matang. Rencana yang harus dipikirkan adalah memilih produk/ jasa yang akan dibisniskan. Agar pilihan produk tepat, bisa lakukan riset pasar terlebih dulu. Misalnya dengan membuat beberapa pertanyaan yang harus dicari tahu jawabannya: mencari tahu apa yang sedang trand di masyarakat, apa yang dibutuhkan, mengapa mereka butuh dsb.

Baca Juga: Strategi Jitu Marketing Online

Selain menentukan produk, pikirkan bagaumana layanan yang Anda berikan. Usahakan pelayanannya praktis dan cepat. Jangan sampai konsumen merasa waktunya terbuang karena bisa membuat mereka kapok untuk membeli lagi. Pelayanan yang dimaksud berhubungan dengan cara packaging atau pengemasan. Sesuaikan pengemasannya dengan segmen yang Anda tentukan.

Lakukan Kegiatan Promosi Yang Tepat

Faktor yang menentukan penjualan salah satunya adalah kegiatan promosi. Anda harus memikirkan cara promosi yang terlihat natural, jangan membuat promosi yang membabi buta. Karena bisa membuat orang-orang merasa tidak nyaman. Manfaatkan sarana promosi yang ada di online ataupun offline.

Rencanakan Target Iklan

Merencanakan target iklan merupakan faktor penting dari kegiatan marketing. Merencanakan iklan bukan sekedar kegiatan bagaimana caranya menarik perhatian saja namun juga harus mampu membuat mereka membeli apa yang Anda tawarkan. Gunakan teknik membuat iklan yang efektif dan tepat, misalnya menggunakan emosional dan rasional pada deskripsi produk.

Pelayanan Yang Memuaskan

Sekarang alasan orang membeli produk, bukan hanya karena harganya saja. Namun bisa juga karena pelayanan yang diberikan. Jika pelayanan memuaskan dengan kualitas barang yang bagus, mereka akan kembali lagi untuk membeli bahkan bisa jadi mereka menjadi langganan tetap dan mempromosikan bisnis Anda kepada teman atau saudaranya. Jadi buat strategi marketing dalam hal pelayanan yang fast response dan menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *