Strategi Pemasaran Menggunakan Sosial Media Facebook, Twitter Dan Instagram

Saat ini semakin banyak orang yang menggunakan social media untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari komunikasi, hiburan, mencari informasi hingga belanja kebutuhan. Itu sebabnya media sosial banyak dijadikan sebagai media pemasaran produk atau jasa yang oleh para pembisnis.

Ada banyak media sosial yang bisa dijadikan pilihan untuk kegiatan pemasaran, seperti: facebook, twitter, instagram, line dsb. Dalam artikal ini kita akanmembahas strategi pemasaran menggunakan Facebook. Agar proses pemasaran berjalan maksimal perlu menerapkan strategi yang tepat sesuai dengan karakter masing-masing social media yang digunakan.

Facebook merupakan media sosial yang paling banyak digunakan, termasuk di Indonesia. Bahkan jumlah penggunanya mencapai 40 juta orang mungkin lebih. Jadi medsos ini sangat tepat untuk dijadikan media menjalankan bisnis agar sukses. Menggunakan facebook sebagai media pemasaran harus memperhatikan beberapa strategu diantaranya adalah:

  • Membuat Fan Page

Fitur facebook yang satu ini memang khusus dibuat untuk memfasilitasi pengguna facebook untuk mempromosikan bisnisnya. Dan ini menjadi peluang penting yang harus dimanfaatkan. Membuat fan page harus dipikirkan dengan matang, seperti membuat tampilan yang menarik namun sesuai dengan karakter bisnis Anda. Misalnya memuat foto kronologi dan profil yang menarik dan mencantumkan informasi data dengan lengkap. Sehingga pengguna facebook yang mengikuti akun fan page bisnis Anda tertarik untuk membeli produk yang Anda tawarkan.

  • Share

Share halaman akun fan page bisnis Anda melalui akun pribadi milik Anda, sehingga orang bisa lebih mudah mengetahui dan mengunjungi. Selanjutnya baru lakukan update secara  berkala, jangan terlalu sering menshare karena biasanya pengguna lainnya akan merasa terganggu jika berandanya dipenuhi dengan postingan Anda yang jaraknya tidak terlalu jauh.

  • Manfaatkan Fasilitas Facebook Ads

Facebook Ads bisa dijadikan strategi pemasaran yang tepat. facebook Ads merupakan layanan dari facebook berupa iklan. Dengan demikian akan banyak pengguna facebook yang mengetahui bisnis Anda dan bisa meningkatkan penjualan.

  • Berikan Pelayanan Yang Memuaskan

Pelayanan merupakan poin penting yang mempengaruhi penjualan. Pelayanan yang baik salah satunya adalah memberikan respon yang cepat kepada pengunjung yang bertanya tentang produk Anda. Jangan biarkan mereka terlalu lama menunggu, karena bisa jadi akhirnya mereka beralih ke pembisnis lain yang menawarkan produk yang sama.

Selain itu memberikan pelayanan yang memuaskan bisa berupa pengiriman barang tepat pada waktunya dan memberikan barang yang berkualitas. Jika konsumen merasa diperhatikan dan dilayani dengan baik, mereka berpeluang menjadi pelanggan tetap. Bahkan bisa jadi mereka akan mempromosikan bisnis Anda dari mulut ke mulut kepada saudara atau teman dekat. Tentu hal ini bisa sangat menguntungkan bagi kelangsungan bisnis Anda.

Itulah beberapa tips strategi pemasaran menggunakan social media facebook. Semoga artikel ini dapat menambah informasi, khususnya mengenai pemasaran menggunakan media sosial. Selamat berbisnis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *