Strategi Pemasaran untuk Usaha Skala Kecil yang Bisa Anda Terapkan

Berkembang dan tidaknya sebuah usaha yang dilakukan oleh banyak kalangan, akan bergantung pada sistem marketing yang mereka jalankan. Oleh karenanya saat ini banyak kita temukan berbagai perusahaan dalam skala kecil, menengah maupun besar, berlomba-lomba membuat sistem marketing yang lebih tertata dalam pengenalan produk-produk yang mereka jadikan komoditi. Namun tahukah Anda bahwa pangkal dari dikenal atau tidaknya sebuah produk dari sebuah perusahaan akan bergantung pada strategi pemasaran yang dibuat dalam penataan sistem marketing dalam perusahaan tersebut. Oleh karena itu kini banyak perusahaan yang memang tidak secara langsung memasarkan produk-produk mereka dan lebih memilih bekerjasama dengan perusahaan lain dalam pengenal produk tersebut.

Selain penyusunan dan penataan dalam sistem marketing sebuah perusahaan, pengemasan produk juga menjadi bagian lain, yang menentukan cepat atau tidaknya sebuah produk dikenal secara bebas dalam pasaran. Pada umumnya produsen yang memiliki produk terkenal dan banyak diminati oleh para khalayak umum, memang memiliki sistem pengemasan yang higienis, unik dan menarik, yang membuat produk tersebut cepat dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak hanya perusahaan besar saja yang harus memiliki sistem marketing yang tertata dengan rapi, namun usaha dalam skala kecil pun juga harus memiliki sistem marketing yang tertata rapi, sehingga membuat produk mereka lebih dikenal oleh masyarakat, meskipun dengan segmen terbatas. Berikut ini beberapa strategi pemasaran yang mungkin dapat Anda terapkan dalam usaha kecil yang telah Anda jalankan, agar produk Anda mudah dikenal oleh masyarakat, yang antara lain adalah:

Baca Juga: Strategi Pemasaran Online yang Efektif dan Harus Anda Coba

  • Buatlah kemasan produk dengan bentuk yang higienis, bersih dan terjamin keamanannya.
  • Buatlah lambang usaha dengan bentuk yang menarik, serta dengan tulisan yang jelas, sehingga orang akan lebih mudah mengingat usaha yang sedang Anda jalankan.
  • Buatlah iklan dengan media sosial dan masukilah berbagai grup terkait dengan produk yang Anda miliki, sehingga Anda dapat memberikan penawaran pada orang-orang yang memang tergabung dalam grup media sosial tersebut.

Untuk menjadikan produk Anda lebih dikenal oleh masyarakat umum, tak ada salahnya jika Anda memasang iklan untuk produk Anda tersebut pada berbagai media yang memang banyak diakses oleh masyarakat umum. Namun yang perlu dijadikan sebagai catatan penting dalam pemasangan iklan ini adalah budget atau biaya pemasangan iklan tersebut. Pastikan bahwa budget tersebut juga sudah termasuk dalam biaya produksi dari produk yang Anda miliki.

Anda juga dapat memanfaatkan promosi gratis yang biasanya ditawarkan oleh berbagai situs penjualan online, dimana dalam situs ini Anda juga dapat membuat lapak Anda sendiri untuk mengenalkan produk yang Anda miliki. Apapun jenis usaha yang Anda jalankan baik dalam kategori usaha jasa ataupun produksi, pastikan Anda menerapkan strategi pemasaran yang benar, sehingga produk Anda mudah dikenal masyarakat umum, dan Anda akan cepat mendapatkan keuntungan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *