Tips Ampuh Mendapatkan Pinjaman Modal Usaha dengan Mudah

Bagi beberapa orang memulai usaha itu sangat sulit apalagi jika mempunyai keterbatasan dalam dana atau modal usaha yang dimiliki. Jika Anda dalam kondisi seperti itu jangan pernah langsung memutuskan untuk tidak memulai membangun usaha. Tetapi temukan cara bagaimana Anda bisa mendapatkan modal tersebut entah itu dalam jumlah kecil atau jumlah besar. Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pinjaman baik pada koperasi, bank, pinjaman pribadi online atau lembaga keuangan lainnya. Namun sebelum Anda menentukan tempat pinjaman banyak hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain:

  • Plafon pinjaman.

Pertama Anda harus menentukan terlebih dahulu berapa besar dana yang Anda perlukan untuk sebuah usaha. Karena tidak semua lembaga keuangan dapat memberikan pinjaman dengan jumlah yang besar apalagi tanpa menggunakan jaminan. Memang ada lembaga yang memberikan pinjaman tanpa agunan tetapi dana yang diberikan biasanya dalam jumlah yang kecil. Namun kalau dalam jumlah kecil tersebut dapat memenuhi kebutuhan Anda tidak menjadi masalah.

  • Bunga pinjaman.

Selanjutnya mengenai bunga pinjaman yang ditentukan pada awal perjanjian pinjaman, dalam hal ini satu lembaga dengan lembaga lainnya memang berbeda. Lebih disarankan untuk memilih lembaga yang menerapkan sistem bunga rendah. Dengan demikian Anda tidak akan merasa keberatan pada angsuran setiap bulannya. Pada peminjaman uang sebagai modal usaha banyak menerapkan sistem bunga baik itu bunga tetap, menurun atau mengambang. Paham satu per satu dan pilih mana yang lebih meringankan untuk Anda.

  • Jangka waktu pinjaman.

Yang tidak boleh ketinggalan lagi sebelum melakukan pinjaman yaitu melihat jangka waktu pembayaran angsuran sampai dengan pelunasan yang diberikan. Mulai dari bulanan hingga puluhan tahun tergantung dari besar pinjaman. Pastikan Anda memilih tenor pinjaman yang tidak terlalu panjang tetapi tidak juga terlalu pendek. Karena yang terlalu panjang akan lebih memberatkan Anda dalam pembayaran karena bunga juga akan semakin banyak. Begitu juga dengan tenor pendek, kalau pemasukan Anda tidak sesuai tentunya akan kesulitan dalam melakukan pembayaran.

Tiga hal tersebut dapat mewakili dari banyaknya hal yang perlu dipertimbangkan dalam melakukan pinjaman. Terkadang dalam pengajuan pinjaman tidak bisa langsung berjalan lancar, ada beberapa kendala yang akhirnya mempersulit perizinan. Bahkan ada yang mengalami berbagai penolakan saat pengajuan dengan berbagai alasan. Maka dari itu berikut ini beberapa tips yang dapat dilakukan saat melakukan pinjaman supaya berjalan lancar, antara lain:

  1. Pastikan Anda mempunyai riwayat dalam pembayaran kredit yang baik, karena hal tersebut akan berpengaruh pada pengajuan pinjaman Anda.
  2. Pastikan persyaratan dalam melakukan pengajuan pinjaman modal usaha tersebut lengkap sesuai yang ditentukan.
  3. Lihat pula besar pemasukan dan juga pinjaman yang akan dilakukan supaya seimbang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *