Tips Belanja Online di Instagram

Belanja online saat ini tengah menjadi tren, bahkan bisa dibilang menjadi salah satu kebutuhan ketika seseorang ingin membeli sesuatu, namun tak memiliki banyak waktu untuk berbelanja, maka berbelanja via online sering dijadikan solusi.

Ada banyak cara belanja online, baik itu lewat toko-toko online, maupun lewat sosial media. Ya, saat ini sosial media memang tak hanya menjadi sarana untuk bersosialisasi dengan orang lain, namun juga dijadikan sebagai tempat untuk membuka lapak dagangan. Banyak sosial media yang seringkali dimanfaatkan untuk berjualan online, selain facebook, banyak pula yang membuka lapak dagangan di instagram.

Instagram yang merupakan media sosial untuk membagikan foto-foto memang menjadi sarana yang efektif untuk menjual dagangan, karena calon pembeli bisa melihat secara langsung barang-barang apa saja yang dijual, apalagi jika produk yang dijual difoto semenarik mungkin, maka hal tersebut semakin membuat banyak follower yang tertarik ingin membeli. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika belanja online lewat instagram, yaitu sebagai berikut:

Testimoni Pembeli

Saat ingin membeli suatu barang di Instagram, perhatikan testimoni para pembeli yang sudah membeli barang tersebut, cek juga apakah testimoni tersebut asli ataukah palsu. Beli produk yang memang memiliki testimoni positif, atau bisa juga bertanya secara langsung pada akun lain yang pernah membeli di akun instagram tersebut. Tanya mengenai keaslian barang, kualitas, dan pelayanannya.

Endorser

Para pedagang di instagram kerap kali menampilkan endorse dari artis maupun celebgram yang sudah menggunakan produknya. Meski tidak bisa menjadi acuan utama, namun dari kualitas para endorser tentunya bisa dilihat pula kualitas barang tersebut.

Teliti Gambar Produk dan Spesifikasinya

 Produk yang ditampilkan di instagram biasanya diambil dengan gaya atau angle menarik, namun jangan sampai tertipu dengan gambar, karena seringkali barang yang  dibeli tidak sesuai dengan ekspektasi. Oleh sebab itu, ketika melakukan pemesanan dengan pedagang via whatsapp, sms, atau line, jangan lupa untuk meminta foto barang yang aslinya, sehingga pembeli tahu bagaimana kualitas dan tampilan barang tersebut.

Bandingkan Harga

Untuk membeli suatu barang, jangan hanya mengecek pada satu toko online di instagram saja, namun sebaiknya cek pula harga barang di akun instagram lain. Hal ini untuk melihat mana toko online instagram yang memberikan harga lebih murah dibandingkan yang lainnya. Cek pula domisili penjual, karena ini juga akan berpengaruh pada ongkos kirim.   

Pilih Pembayaran Paling Aman dan Mudah

Untuk meminimalisir risiko penipuan, pilih cara pembayaran paling aman dan paling mudah, apabila bisa melakukan COD (Cash on delivery) tentunya akan lebih baik dan aman.

Itulah beberapa tips belanja online di instagram. Berbelanja secara online bisa menjadi hal yang menyenangkan asalkan tahu cara aman dalam pembeliannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *