Tips Beli Online dengan Aman

Berbelanja memang menjadi hal yang menyenangkan, apalagi saat ini sudah tersedia beragam fasilitas yang mempermudah para pembeli untuk berbelanja. Cukup dengan ponsel atau laptop dan masuk ke toko-toko di dunia maya, maka sudah bisa beli online berbagai macam barang secara mudah dan cepat.

Keberadaan internet memang sangat membantu masyarakat, apalagi beragam barang sudah tersedia dan bisa didapatkan di toko online yang tentunya semakin menghemat waktu dan biaya, apalagi bagi orang-orang yang sibuk dan tidak memiliki waktu untuk berbelanja.

Akan tetapi, berbelanja di internet bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Banyak oknum yang memanfaatkan kecanggihan teknologi ini untuk menipu para pembeli barang di dunia maya. Bahkan, tak sedikit orang-orang yang transaksi beli online sudah tertipu hingga jutaan bahkan ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, jika ingin membeli barang secara online tetap harus waspada agar tidak tertipu, dan berikut ini adalah tips untuk membeli barang secara online dengan aman dan nyaman.

Kumpulkan Informasi

Sebelum melakukan pembelian, kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang produk yang ingin dibeli, bandingkan harga antara toko online A, dengan toko online B, serta toko-toko online lainnya. Jangan sampai memilih barang yang harganya mahal, padahal jenis barangnya serta kualitasnya sama.

Baca Juga : Cara Cerdas Belanja atau Beli Online

Ketahui Reputasi Toko Online

Reputasi toko online harus diketahui dengan baik, cari informasi tentang toko online di forum belanja, review, dan ulasan-ulasan yang ada di website atau blog pribadi. Lihat dan cermati bagaimana pengalaman mereka yang sudah pernah membeli dan bertransaksi online di toko tersebut.  

Periksa Kontak dan Nomor Telepon

Setiap toko online biasanya menyediakan nomor telepon atau call center yang bisa dihubungi. Untuk memastikan, tak ada salahnya untuk menghubungi nomor telepon tersebut terlebih dahulu.

Baca Keterangan Produk dengan Cermat

Baca keterangan produk dengan cermat dan teliti, saat melakukan pembayaran, jangan lupa juga untuk memastikan pembayaran dan produk yang dibayarkan sudah sesuai.

Simpan Bukti Pembayaran

Bukti pembayaran dan rincian transaksi harus disimpan agar tidak terjadi masalah di kemudian hari, misalnya ketika barang tak kunjung datang, pembeli bisa konfirmasi ulang atau komplain pada penjual.

Cara Pembayaran

Setiap toko online biasanya menawarkan beberapa sistem pembayaran, ada yang via vouche, transfer, atau kartu kredit, sebisa mungkin pilih cara pembayaran yang paling aman untuk meminimalisir penipuan.

Cari Rekomendasi

Tak perlu malu untuk meminta rekomendasi pada teman atau saudara yang pernah bertraksaksi di toko online tersebut, tanyakan bagaimana kualitas barangnya serta bagaimana kualitas pelayanannya.

Penipuan di dunia online saat ini sedang marak. Oleh karena itu, bagi yang ingin beli online di dunia maya haruslah berhati-hati agar tidak tertipu. Lakukan beragam  tips di atas untuk mencegah penipuan ketika berbelanja online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *