Tips Bisnis Buku Skala Kecil atau Indie

Berbisnis buku akhir-akhir ini mulai dilirik oleh sebagian pebisnis, khususnya pebisnis pemula yang memiliki ketertarikan terhadap dunia perbukuan, karena peluang dan pangsa pasar yang cuku besar di bidang bisnis ini. Salah satu fakta yang mengejutkan tentang dunia perbukuan misalnya adalah data bahwa buku menduduki peringkat lima besar produk terlaris yang dijual di toko online di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pangsa pasar buku di tanah air cukup menjanjikan. Faktor larisnya buku di toko online memang beragam, mulai dari tidak meratanya penyebaran toko buku di Indonesia atau akses yang terbatas terhadap buku, hingga semakin populernya buku di masyarakat sejak ada gerakan untuk membaca buku. Apapun faktor yang menyebabkan buku semakin diminati, yang jelas fakta bahwa pangsa pasar buku cukup besar dan menjanjikan dapat dijadikan peluang oleh para pebisnis yang menggeluti bidang perbukuan. Berikut ini akan dibahas mengenai tips bisnis buku untuk skala kecil atau indie.

  1. Menerapkan Sistem Pre-Order

Salah satu siasat agar tidak rugi ketika berbisnis buku skala kecil adalah dengan menerapkan sistem pre-order. Sebelum buku dicetak dan diterbitkan, lakukanlah test pasar dengan mengadakan pre-order, tentu dengan tawaran harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membelinya pasca-terbit. Dengan menerapkan sistem pre-order, penerbit dapat mengetahui seberapa antusias respon publik terhadap buku yang akan diterbitkan tersebut. Selain itu, penerbit tidak perlu khawatir bukunya kelak akan menumpuk di gudang, sebab mencetak bukunya disesuaikan dengan jumlah pemesan, atau dilebihkan sedikit. Sistem pre-order harus dipublikasikan secara luas agar orang yang mengetahui tentang buku tersebut semakin banyak.

  1. Pemilihan Tema yang Sedang Trend atau Booming

Seringkali, pembaca di Indonesia akan lebih tertarik untuk membaca buku-buku tertentu yang temanya sedang booming atau sedang trend. Oleh sebab itu, jika memang ingin mengejar keuntungan yang besar, terbitkanlah buku dengan tema yang sedang menjadi trend, selain menerbitkan buku yang sesuai dengan idealisme penerbit.

Baca Juga: Info Terkini tentang Penerbitan Buku Indie

  1. Strategi Marketing yang Tepat Sasaran

Seringkali, buku bagus tidak diketahui oleh pembaca sebab strategi marketing yang diterapkan oleh penerbitnya tidak berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, penerbit, baik skala kecil atau yang sudah besar sekalipun, harus memiliki strategi marketing yang bagus dan tepat sasaran. Jangan hanya mengandalkan toko buku atau distributor. Tips bisnis dalam memperkenalkan buku secara luas adalah dengan cara menulis review atau resensi yang dikirimkan ke berbagai media, baik media cetak maupun media online.

  1. Mendistribusikan Buku Secara Mandiri

Hal yang tidak kalah penting dalam bisnis buku adalah mendistribusikan buku. Banyak penerbit kecil atau indie yang keteteran dalam mendistribusikan buku, sebab beaya yang dikenakan oleh distributor dan toko buku cukup besar, yaitu hingga 60% dari harga buku. Bagi penerbit secara kecil, sebaiknya mendistribusikan buku secara mendiri. Tips bisnis distribusi buku adalah dengan menjualnya di toko online atau dengan mengadakan bazar di sekolah-sekolah dan di kampus-kampus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *