Tips Bisnis : Hal-Hal yang Harus Dihindari Saat Memulai Berbisnis

Menjadi pebisnis pemula memang tidak selalu menguntungkan. Minimnya pengalaman kadang membuat Anda melakukan hal-hal yang justru merugikan bisnis Anda. Sebagai pemula, ada sangat banyak hal yang harus Anda pelajari dalam bisnis. Berikut ini tips bisnis: hal-hal yang harus dihindari saat memulai berbisnis yang harus Anda tahu.

Terlambat

Salah satu cara sukses berbisnis adalah melakukannya di momen yang tepat. Jadi, hindari segala jenis keterlambatan dalam bisnis, contohnya terlambat bertemu klien. Karena kesan pertama biasanya yang akan menentukan kelanjutan bisnis Anda. Atur jadwal sedetail mungkin agar tidak ada kegiatan yang terlewat.

Hanya Fokus untuk Berhasil

Tidak semua bisnis berjalan lancar dan langsung mendatangkan keberhasilan. Tidak jarang, beberapa jenis bisnis memiliki resiko kerugian yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan keberhasilannya. Ada bisnis yang harus dimulai dari rugi dulu sebelum berhasil. Karenanya, jangan terlalu fokus dengan keberhasilan saja. Tetapi juga siapkan mental jika mengalami kerugian atau kegagalan.
Keliru Menangani Klien

Reputasi suatu bisnis kadang dipengaruhi dari cara menangani klien. Anda harus bisa mengenali seperti klien Anda dan apa saja yang ia suka dan tidak suka. Jangan sampai kesalahan sederhana yang Anda lakukan bisa membuat Anda kehilangan mereka.

Salah Menentukan Organisasi Bisnis

Pada masa awal bisnis, biasanya Anda masih belum bisa berdiri sendiri. Anda masih butuh dukungan dari organisasi bisnis yang berasal dari pebisnis lain. Karenanya, pilih organisasi bisnis yang tepat dan tidak merugikan atau justru menghancurkan bisnis Anda.
Terlalu Mengandalkan Orang lain

Mendelegasikan pekerjaan pada orang lain memang tepat. Tetapi, jika terlalu percaya dan menyerahkan segala keputusan pada orang lain juga beresiko pada bisnis yang Anda kembangkan. Karenanya, jangan terlalu mengandalkan orang lain. Kalau perlu, Anda turun tangan sendiri mengatasi masalah yang ada.
Salah Pengelolaan Keuangan

Kesalahan lain dalam memulai bisnis adalah pada pengelolaan keuangan. Campur aduk antara modal, untung dan kebutuhan sehari-hari membuat bisnis Anda beresiko gagal. Sebaiknya, pisahkan masing-masing kebutuhan dan buat pembukuan yang jelas.

Terlalu Suka Berbisnis Sendiri

Menjadi pebisnis mandiri memang perlu dilakukan. Tetapi, jika bisnis Anda dapat membuat lapangan pekerjaan bagi orang lain, kenapa tidak dicoba? Selain itu, melibatkan orang lain juga bisa membantu hal-hal teknis yang perlu Anda lakukan. Karena tidak semua hal bisa Anda lakukan sendirian nantinya. Kembangkanlah bisnis Anda dan carilah mitra untuk mengembangkan bisnis.
Demikian tadi tips bisnis beberapa hal yang harus Anda hindari saat memulai bisnis. Tidak semua bisnis pasti berjalan mulus dan membuahkan keberhasilan. Dan tidak semua bisnis bisa langsung cocok dengan Anda. Teruslah mencoba dan jangan pernah menyerah pada apapun. Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *