Tips Bisnis Makanan Beku yang Wajib Disimak

Tren bisnis makanan memang merupakan ide yang paling banyak dipilih, bahkan oleh pebisnis pemula. Tapi, bagaimana jika ide bisnisnya adalah menjual makanan beku atau frozen food? Berikut ini beberapa tips bisnis makanan beku yang wajib disimak bagi Anda yang tertarik ide bisnis satu ini.

Tentukan Produk

Ada banyak jenis makanan beku yang dapat dijual, seperti udang, bakso, daging dan lain-lain. Sebelum memulai bisnis, ada baiknya Anda tentukan lebih dulu produk yang Akan anda jual ini. Dengan memilih jenis produk yang tepat, maka Anda dapat menentukan langkah berikutnya dalam mempromosikan dan menjual produk Anda nantinya.

Modal

Modal juga hal penting yang harus Anda pikirkan dengan baik. Menjual makanan beku membutuhkan alat pendingin dan kemasan yang anti udara sehingga makanan yang Anda jual tahan lama. Karenanya, harus dipersiapkan benar dan dipisahkan modal tetap dan modal yang dapat berputar.

Peralatan

Bisnis makanan beku sebenarnya simpel dan sederhana. Tetapi, Anda tetap harus memikirkan benar peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk menunjang bisnis ini. Anda butuh alat penyimpan, alat pembungkus dan pengiriman barang yang tepat.

Metode Pemasaran

Setelah memiliki produk, Anda juga harus memikirkan benar bagaimana cara pemasaran yang Akan anda lakukan. Baik secara sederhana dari mulut ke mulut atau menggunakan sistem online.

Baca Juga:Tips Bisnis Kuliner Bagi Pemula

Jika memilih cara online, Anda bisa memanfaatkan sosial media untuk menjual produk Anda secara lebih luas. Jika ingin memperbesar bisnis, Anda juga bisa membuka cabang atau mencari distributor atau reseller. Kalau perlu, waralaba-kan juga bisnis Anda ini.

Lisensi Makanan

Karena makanan adalah hal yang langsung berhubungan dengan kesehatan konsumennya, maka penting bagi Anda untuk mulai memikirkan juga memiliki lisensi makanan. Ini penting terutama bagi Anda yang ingin memperluas usaha Anda.

Untuk izin makanan selain daging, cukup ke dinas perindutrian setempat atau hanya PIRT saja. Nah beda lagi kalau daging, kita harus mengurus ke BPOM juga, Ini cukup mahal.

Perluas Networking dan Teman

Salah satu cara sukses berbisnis adalah memperluas jaringan dan teman. Karena itu, tawarkan makanan beku produk Anda ke komunitas atau teman-teman. Kalau perlu, perluas jaringan yang juga dapat mempromosikan produk Anda. Penting juga, silahkan tawarkan produk makanan  beku Anda ke swalayan atau supermarket.

Spesialis dan Nilai tambah

Untuk menarik minat konsumen, perlu juga untuk membuat produk yang berbeda dengan produk lain sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Jika hanya mengandalkan produk yang sudah umum ada, maka kemungkinan bisnis akan sulit maju. Jangan ragu untuk membuat inovasi baru, baik dari segi produk, pengemasan ataupun cara penjualan.

Demikian tadi beberapa tips bisnis makanan beku yang layak disimak dan dicoba. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *