Tips Jual Beli Online Agar Laris

Perkembangan teknologi yang semakin pesat membawa dampak pada perubahan metode jual beli atau transaksi perdagangan. Jika dulu proses jual beli hanya dapat dilakukan dengan proses tatap muka antara si penjual dengan si pembeli, seiring dengan perkembangan teknologi, proses jual beli dapat dilakukan tanpa tatap muka, yaitu dengan metode online. Semakin maraknya situs-situs yang memfasilitasi proses jual beli online memungkinkan adanya komunikasi dan interaksi antara si penjual melalui dunia maya atau komunikasi virtual sehingga asas jual beli seperti adanya mufakat dan mampu menampilkan gambar dan rincian barang yang diperjual belikan menjadi terpenuhi, sehingga proses jual beli menjadi sah.

Bisnis, dengan memanfaatkan media apapun, sangat ditentukan oleh promosi. Promosi adalah kunci utama agar produk dagangan kita dikenal orang. Begitu pula dengan jual beli online, promosi adalah kuncinya. Salah satu media paling efektif untuk menarik perhatian pembeli di dunia maya adalah dengan melakukan promosi di sosial media, seperti di facebook, twitter, hingga instagram. Namun, promosi tersebut tidak boleh dilakukan secara serampangan, karena justru akan berpotensi menimbulkan rasa tidak respek di benak para pengguna sosial, terutama jika promosi yang kita lakukan tidak pada tempatnya dan mengganggu privasi orang lain.

Baca Juga : Kiat Sukses Bisnis Jual Beli Online

Berpromosilah dengan memanfaatkan buzzer atau orang-orang yang memiliki banyak pengikut/ follower di sosial media, terutama orang yang memiliki pengaruh dan orang yang terkenal. Hal tersebut akan lebih efektif ketimbang menyebarkan iklan secara serampangan di dinding komentar akun orang lain.

Endorsment atau dukungan dari tokoh atau selebritas yang dikenal oleh publik, terutama publik media sosial, akan menjadi media promosi yang sangat efektif untuk memperkenalkan dan menawarkan produk dagangan kita kepada publik di dunia maya. Endorsment bisa berupa pujian terhadap produk yang kita jual, bisa juga dengan meminta seorang tokoh atau selebritas tertentu untuk berfoto memegang/ menggunakan produk yang kita jual.

Dalam dunia bisnis, mengeluarkan beaya untuk promosi adalah hal yang sangat wajar dan dapat memberingan timbal balik yang lebih besar jika tokoh yang kita pilih untuk memperkenalkan produk kita merupakan tokoh panutan yang memiliki banyak pengikut atau penggemar, sehingga apapun produk yang ia promosikan atau ia pakai akan dilirik oleh banyak orang.

Yang harus kita sadari, pengguna media sosial sangat membutuhkan penyegaran dalam hal apapun, mulai dari produk hingga cara promosi. Semakin segar atau unik produk yang kita tawarkan, makan akan semakin banyak orang yang tertarik. Begitu pula dengan promosi, semakin unik cara kita mempromosikan produk kita, maka akan semakin banyak orang yang tertarik. Mulailah dengan mengadakan kuis-kuis kecil-kecilan yang berhadiah produk yang kita jual, hal itu akan menjadi sarana promosi yang sangat efektif agar bisnis jual beli online yang kita jalankan dapat berhasil dan meraup keuntungan yang besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *