Tips Membuat Website Sendiri bagi Pemula untuk Memulai Bisnis Online

Bagi Anda yang ingin terjun ke dunia online marketing atau memulai bisnis online, ada tiga hal dasar yang harus Anda punya. Pertama, memiliki email. Kedua, Anda harus memiliki sosial media. Dan ketiga, Anda harus memiliki website atau blog. Email dan sosial media adalah dua hal yang wajib Anda miliki sebagai penunjang bisnis online. Website, bagi sebagian orang tidak penting. Tetapi juga penting bagi sebagian yang lain.

Website berfungsi sebagai rumah atau toko dalam bisnis online yang Anda jalankan nantinya. Anda bisa memajang foto produk, harga, deskripsi produk hingga cara pembelian. Website jenis ini kita sebut sebagai toko online. Jadi, website Anda harus dibuat dengan baik dan meyakinkan calon konsumen. Dengan demikian, calon konsumen akan tertarik membeli produk atau memanfaatkan jasa yang Anda tawarkan. Berikut ini tips membuat website sendiri bagi pemula untuk memulai bisnis online.

Cara Instan

Cara ini adalah yang paling cepat, paling murah (bahkan gratis) dan paling mudah. Anda dapat memanfaatkan paltform blog gratis seperti blogspot dan wordpress. Atau juga platform yang mengkususkan diri sebagai penyedia layanan toko online seperti OLX, lazada dan lain-lain. Selain kelebihan tadi, cara ini memiliki kelemahan, yakni tidak fleksibel saat dibuat. Anda hanya bisa membuat format website sesuai dengan format yang disediakan oleh penyedia layanan tadi.

CMS atau Content Management System

Meski cara ini mirip dengan cara instan, tapi CMS lebih fleksibel digunakna. Anda hanya perlu melakukan instalasi menggunakan software CMS yang sudah disediakan. Berbagai perubahan dapat Anda lakukan dengan fleksibel, dengan cara menginstal add on pada CMS tersebut. Meski demikian, Anda tetap harus menyediakan nama domain dan hosting sendiri. Contoh CMS adalah Joomla untuk website yang umum, wordpress untuk blog (wordpress dapat digunakan secara gratis maupun CMS atau berbayar), Prestashop untuk toko online dan lain-lain.

Framework

Cara ketiga ini memiliki tingkat fleksibilitas yang lebih tinggi lagi. Jadi, Anda bebas untuk mendesain dan merancang toko online Anda nantinya. Tetapi, jika Anda memilih cara ini, Anda harus menguasai kemampuan web programming terlebih dahulu.

Web Programming

Cara keempat ini dianggap paling fleksibel. Meski demikian, butuh waktu yang tidak sebentar dan harus punya kemampuan dalam web programing. Jika Anda dapat membuat website dengan cara ini, dapat dikatakan Anda juga bisa membuat beragam website yang Anda inginkan. Jika Anda tertarik untuk mempelajari cara ini, Anda harus menguasai bahasa pemrograman minimal HTML, PHP dan MySQL.

Demikian tadi beberapa tips membuat website sendiri bagi pemula untuk memulai bisnis online. Semoga barhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *