Tips Memulai Bisnis Kue Lebaran yang Menjanjikan Tahun Ini!

Jelang datangnya Ramadhan ini ada banyak sekali masyarakat yang terjun menjadi pelaku bisnis dadakan, bagaimanapun menang tidak bisa dipungkiri jika seandainya ada beragam jenis peluang usaha yang sangat menguntungkan untuk dijalankan ketika Ramadhan tiba sampai jelang datangnya lebaran, mulai dari menjual takjil, berbisnis fashion hingga yang paling banyak dijalankan adalah bisnis kue lebaran. Salah satu hal yang sangat identik ketika lebaran tiba tak lain adalah mengisi toples di rumah dengan berbagai kue kering sebagai suguhan di atas meja.

 Tips Memulai Bisnis Kue Lebaran yang Menjanjikan Tahun Ini!

Ini memang sudah menjadi kewajiban untuk menyambut tamu yang datang berkunjung, karena bagaimanapun memang sudah selayaknya sebagai tuan rumah memberikan yang terbaik, agar nantinya tamu jadi lebih betah untuk berkunjung di rumah Anda. Usaha kue ini menjadi salah satu prospek yang paling menjanjikan, model kecil namun bisa meraih omset yang sebesar-besarnya. Berikut ini diantaranya ada beberapa tips dalam memulai usaha tersebut, yaitu:

  1. Buatlah rencana dengan matang, meskipun hanya usaha kecil-kecilan, namun tanpa didasari dengan perencanaan yang matang, tentunya akan sulit untuk sukses, itulah mengapa sangat dianjurkan bagi Anda untuk pembuatan bisnis plan terlebih dahulu sebelum memulai.
  2. Tentukan budget yang dibutuhkan, setelah melist daftar apa saja kebutuhan untuk bisnis kue lebaran ini, maka selanjutnya adalah riset pasar sesuai dengan harga barang untuk modal tersebut, ini terbilang sangat penting sehingga nantinya pengeluaran tidak melebihi anggaran yang sudah ditentukan, jika perlu meminimalkan pengeluaran menjadi sekecil mungkin dan dapatkan keuntungan sebesar mungkin.
  3. Lakukan langkah pemasaran secara tepat, bagian yang paling penting dari usaha penjualan kue semacam ini tak lain memang adalah pemasaran, yaitu menawarkan produk kepada target market secara jelas. Berbeda segmen yang dituju nantinya akan berbeda pula langkah pemasaran yang harus dilakukan, contohnya ketika target Anda adalah kalangan ekonomi bawah, maka cara terbaik memasarkannya adalah dengan menitipkan dari toko ke toko, namun jika sudah menengah atas, bisa dengan sistem online.
  4. Berilah tawaran harga bersaing namun dengan rasa lebih enak, karena pelaku usaha ini juga sangat banyak di sekitar Anda, maka agar tidak kalah saing, jangan serakah dalam mengambil keuntungan. Pastikan membuat kue seenak-enaknya, namun menawarkan dengan harga yang bersaing, jika perlu maka berilah tester kepada calon konsumen Anda sehingga nantinya mereka tidak kecewa setelah membeli.

Mudah bukan, dengan perencanaan yang tepat maka kemungkinan mendapatkan keuntungan juga semakin tinggi, bisnis kue lebaran sudah bisa mulai Anda rencanakan sekarang juga sehingga tidak kalah saing dengan yang lainnya. ingat bahwa moment ini hanya berlangsung setahun sekali dan terbatas hanya satu bulan saja, tidak lebih.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *