tips Menjalankan Bisnis Menggunakan Social Media

Para pembisnis baik online maupun offline saat ini banyak yang menggunakan social media untuk menjalankan bisnisnya, khususnya yang berhubungan dengan kegiatan promosi atau pemasaran. Sekarang, hampir semua orang memiliki akun media sosial, baik anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua. Apakah itu facebook, twitter atau media sosial lainnya.

Semakin banyaknya pengguna media sosial, dimanfaatkan oleh para pembisnis untuk mempromosikan produk atau kegiatan bisnisnya. Selain itu, peran media sosial sebagai media pemasaran sangat bisa diandalkan. Jika Anda sedang merencanakan membuat akun bisnis Anda di social media ada beberapa ide menarik yang bisa Anda coba lakukan agar kegiatan pemasarannya lebih efektif. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Mempromosikan Bisnis Melalui Video

Agar pengguna media sosial tertarik dengan bisnis Anda, ide pertama yang menarik adalah membuat video ilustrasi. Pastikan video yang dibuat mewakili bisnis yang Anda jalankan. Atau bisa dengan membuat video saat mengikuti sebuah event. Pastikan video yang dibuat menarik agar orang-orang tertarik untuk menontonnya.

Selain manarik, buat video yang menginformasikan dengan jelas apa yang ingin disampaikan. Selain di media sosial, seperti facebook, twitter dsb bisa juga mengunggahnya di situs Youtube.

Lakukan Give Away

Strategi ini cukup ekfektif digunakan agar bisnis Anda semakin popular. Banyak ide untuk membuat give away, misalnya: memberikan kuis untuk pengikut / follower atau membuat artikel yang berhubungan dengan bisnis atau produk bisnis Anda, dengan syarat mereka harus membagikannya di akun medsos atau blog yang mereka kelola. Menentukan pemenangnya bisa dengan penilaian siapa yang paling banyak mendapatkan like. Pemberian hadiah ini sangat efektif untuk meningkatkan penjualan dan menyebarkan informasi mengenai bisnis yang Anda jalani.

Menggunakan Google Ads

Jika Anda memiliki akun Google + maka bisa dijadikan media yang efektif, dengan memanfaatkan fitur Google Ads. yaitu dengan membuat iklan. Pastikan iklan yang dibuat menarik, menggunakan kata-kata yang persuasife. Akan lebih sempurna jika akun Google +memiliki banyak pengikut sehingga semakin banyak orang yang mengetahui produk/ jasa yang Anda tawarkan.

Selain Google Ads, Anda bisa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh media sosial. Misalnya, di media sosial facebook disediakan fitur fans page. Jika Anda memiliki rencana membuat fans page, pastikan nama akun tersebut sama dengan nama merk atau perusahaan. Karena ini akan memudahkan pengguna facebook menemukan bisnis/ produk yang ditawarkan.

Sosialisasikan Melalui Blog/ Web

Jika Anda sudah memiliki akun media sosial, jangan lupa untuk mensosialisasikannya. Caranya bisa membagikan akun bisnis di medsos di blog atau website. Selain itu Anda bisa mencantumkan link yang mengarah ke sosial media yang Anda kelola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *