Tips Pemasaran Online di Facebook

Saat ini berjualan di media sosial memang sudah  banyak dilakukan, hal ini disebabkan karena promosi di media sosial cenderung lebih mudah, murah dan efektif. Ada banyak media sosial yang digunakan untuk pemasaran online produk atau barang dagangan, dan yang paling banyak digunakan oleh para pedagang online untuk memasarkan produknya adalah Facebook.

Namun, pemasaran online melalui facebook pun tidak bisa sembarangan, apalagi saat  ini banyak pesaing yang juga sama-sama memasarkan barang dagangannya di facebook. Lalu apa yang harus dilakukan? Berikut ini adalah strategi yang bisa diterapkan :

  1. Membuat Akun atau Fanpage Khusus

Jika ingin berbisnis online menggunakan facebook, maka sebisa mungkin harus membuat akun atau fanpage khusus. memang tak ada salahnya untuk memasarkan produk dengan akun facebook pribadi. Akan tetapi alangkah lebih jika menggunakan akun atau fanpage khusus agar lebih profesional dan terarah.

  1. Memperbanyak Like di Fanpage Facebook

Sebuah akun fanpage ibaratnya adalah toko di dunia nyata, apabila tak ada yang tahu atau tidak dikenali, maka tak akan ada orang yang datang dan melihat barang dagangan yang dijual. Oleh karena itu, salah satu hal yang harus dilakukan adalah dengan memperbanyak like fanpage, caranya adalah dengan mengundang teman-teman facebook untuk memberikan like pada fanpage, atau bisa juga dilakukan dengan cara membuat kuis dengan syarat harus memberikan like terlebih dahulu pada fanpage. Jika telah memberikan like, maka setiap kali ada postingan barang dagangan, maka akan otomatis tampil di beranda orang yang memberikan like, sehingga orang akan banyak yang tahu barang-barang atau produk baru apa yang bisa menjadi pilihan untuk dibeli.

  1. Perhatikan Konten

Apabila ruang atau tempat berdagang sudah tersedia, maka yang harus diperhatikan selanjutnya adalah konten. Konten di sini bukan hanya berisi unggahan foto-foto barang dagangan, namun juga bisa dengan unggahan tips-tips bermanfaat yang berkaitan dengan  barang yang dijual. Misalnya apabila menjual hijab, maka bisa mengunggah tips memilih hijab untuk bentuk wajah tertentu..

  1. Tingkatkan Interaksi

Interaksi di media sosial sangatlah penting, apabila ada calon konsumen yang bertanya atau mengirimkan inbox, sebaiknya dijawab dengan cepat, hal ini akan meningkatkan  rasa percaya dari para konsumen terhadap toko online dan produk yang dijual. Ini juga menjadi bentuk layanan yang baik terhadap para konsumen.

  1. Bagian Testimonial Produk

Orang yang membeli barang di toko online biasanya tidak mengetahui kondisi barang, oleh karena itu, keberadaaan testimonial sangatlah penting, agar konsumen lain bisa melihat kualitas barang yang ingin dibeli. Testimonial ini bisa berupa foto, bisa juga berupa screen capture chat atau sms.

Itulah beberapa tips pemasaran online lewat facebook yang bisa dilakukan agar omzet penjualan semakin meningkat. Dan yang tak boleh dilupakan adalah menjaga kepercayaan, dan itu harus selalu dipegang oleh para pedagang, termasuk juga pedagang online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *