Tips Penjualan Bagi Karyawan Mempunyai Kerja Sampingan

Dengan perekonomian Indonesia yang sangat fluktuatif, masyarakat perlu pandai melihat kesempatan yang ada untuk bisa bertahan hidup dan mencukupi  kebutuhan sehari-hari. Tanpa melepas pekerjaan utama dan menjadikan jualan online sebagai pendapatan sampingan, merupakan hal yang paling tepat dilakukan bagi para karyawan. Namun, apa saja yang perlu dilakukan supaya pendapatan sampingan tadi tidak menyita waktu kerja? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh karyawan  tersebut. Berikut adalah tips penjualan bagi karyawan yang mempunyai kerja sampingan, yaitu:

  1. Apa yang mau di jual?
  2. Apakah hal tersebut bisa dijual?

Dari kedua hal sudah terjawab maka baru kita mencari cara untuk menjalankan usaha tersebut berdasarkan tips penjualan yang didapat dari artikel-artikel yang ada di dunia maya. Hal pertama yang perlu di jawab setelah dua pertanyaan di atas adalah ‘Kapan?’ Kapan Anda akan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan kerja sampingan Anda. Anggaplah Anda mampu membagi waktu kerja dan keluarga dan juga kehidupan sosial Anda secara seimbang. Waktu yang digunakan sudah tentu tidak mengganggu waktu kerja yang ada. Sungguh sangat tidak profesional jika hal tersebut terjadi. Jadi kata kuncinya adalah manajemen waktu.

Baca Juga: Jual online produk makanan

Setelah isu  waktu mendapat sebuah solusi, lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa yang membuat masyarakat akan tertarik dengan produk yang Anda jual? Dari salah satu artikel yang ada, kata kuncinya adalah ‘Kontras’. Kontras dalam menampilkan produk yang Anda tawarkan, baik jasa maupun benda. Mampu memberikan efek ketertarikan terhadap hal yang ditawarkan merupakan nilai penting dalam berjualan dan termasuk tips penjualan paling mendasar. Selain itu?

Selain masalah teknis ‘bagaimana menjual’ ada baiknya lebih memperhatikan ‘bagaimana melayani’ konsumen. Dengan memberikan pelayanan yang maksimal, dilandasi dengan hati dan dedikasi, tentunya kepuasan konsumen pun akan didapat.  Setelah berhasil mendapatkan ‘hati’ konsumen, selanjutnya bagaimana meningkatkan pendapatan Anda. Hal ini bisa dilakukan dengan memberi nilai lebih pada produk yang Anda tawarkan.  Mengapa lebih mahal? Sedangkan pesaing-pesaing Anda berlomba memberikan harga lebih murah. Karena dengan harga lebih tinggi, Anda akan memberikan jaminan kualitas yang lebih pula. Kata kunci disini adalah ‘komitmen’. Anda wajib berkomitmen tidak menurunkan kualitas dan pelayanan yang telah Anda bangun sebelumnya.

Dan yang paling penting adalah, tetap menjaga komunikasi dengan semua pihak. Karena baik dalam berkomunikasi akan memudahkan anda di masa mendatang jika anda membutuhkan kembali jasa mereka. Baik dari pihak suplier (jika anda menggunakan jasa mereka), dan yang terutama adalah menjaga jalinan hubungan dengan konsumen Anda. Ini merupakan aspek paling penting dalam berjualan. Banyak sekali tips penjualan yang menitikberatkanHal-hal diatas sangat sederhana namun efektif dan efisien dalam prakteknya. Semoga berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *