Tips Penjualan Online Untuk Meningkatkan Penjualan

Informasi tips penjualan online saat ini menjadi salah satu artikel yang banyak dicari. Bisnis online sekarang menjadi bisnis yang banyak dipilih, selain lebih fleksibel keuntungan menjalankan bisnis online bisa dilakukan dimana saja dan kapanpun juga.

Bisnis online bisa dijalankan oleh siapapun juga, namun seringkali bisnis dijalankan asal-asalan. Bahkan tidak sedikit kita temui kasus penipuan yang terjadi di dunia online. Akibatnya banyak pembeli yang tidak tertarik dan tidak percaya lagi melakukan pembelian melalui online.

Hal tersebut tentu sangat merugikan para pembisnis online yang benar-benar serius menekuni bisnis ini. Hal tersebut sangat berpengaruh pada kelangsungan penghasilan penjualan. Kepercayaan masyarakat terhadap suatu citraan yang baik dan professional sangat mempengaruhi omset penjualan.

Tidak sedikit pembisnis online gagal menarik hati dan simpatik konsumen, sehingga produk barang yang dijualnya tidak laku dipasaran. Untuk meningkatkan hasil penjualan ada beberapa tips penjualan yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

Menentukan Strategi Yang Tepat

Sebelum mulai menjalankan bisnis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat strategi. Secara sederhana strategi dapat diartikan suatu cara yang tepat untuk dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai hal untuk mencapai satu tujuan. Strategi dalam bisnis, menyangkut beberapa hal. Misalnya: Perencanaan (planning), Persiapan dan action.

Menentukan Media Promosi Yang Tepat

Ada banyak media promosi yang bisa digunakan untuk proses pemasaran. Tanpa adanya promosi, masyarakat tidak akan tahu tentang bisnis Anda dan apa saja barang yang dijual. Di jaman serba internet dan serba medsos seperti sekarang ini, membuka peluang mendapatkan sarana promosi dan publikasi perihal bisnis yang Anda jalani.

Salah satu cara yang paling tepat dan menjadi pilihan favorit pembisnis adalah melakukan promosi menggunakan media sosial. Beberapa media sosial yang populer untuk ajang promosi adalah: twitter, facebook, instagram dan line.

Sebelum melakukan promosi, terlebih dulu pelajari karakter dan aturan main tiap media sosial yang akan Anda gunakan sebagai media promosi. Jangan lupa memanfaatkan fitur yang disediakan oleh media jejaring. Misalnya: di facebook disediakan fitur fans page yang bisa Anda gunakan

Memanfaatkan Situs Market Place

Selain memanfaatkan media sosial, cara mempromosikan barang / produk yang Anda jual bisa dengan bergabung dengan website market place e-commerce. Sekarang sudah banyak market place yang bisa Anda pilih. Setiap website memiliki aturan dan pola kerjasama yang berbeda-beda. Ada juga yang bisa digunakan tanpa ditarif biaya alias gratis.

Memberikan Pelayanan Yang Baik

Tips penjualan yang terakhir adalah memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan agar calon konsumen tertarik membeli barang/ produk yang Anda tawarkan. Kepuasan konsumen menjadi poin penting meningkatkan penjualan, karena mereka bisa menjadi konsumen tetap dan mengajak teman atau saudara untuk membeli barang yang ia beli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *