Tips Sukses Berbisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Persaingan bisnis di bidang usaha jasa penitipan hewan peliharaan masih jarang sehingga bisa dijadikan alternatif yang sangat menguntungkan. Mengingat selama bepergian para pemilik rela mengeluarkan uang lebih demi menitipkan hewan mereka, keuntungan bisnis ini bisa dibilang mendatangkan banyak keuntungan. Meskipun begitu, jangan sembarangan dalam menjalankan bisnis ini karena tanggung jawab yang dibebankan mengenai makhluk hidup sehingga persiapannya harus matang. Oleh karena itu, berikut disajikan tips dan strategi bisnis penitipan dan perawatan hewan.

Tips Sukses Berbisnis Jasa Penitipan dan Perawatan Hewan Peliharaan

Promosi Lewat Media Online dan Offline

Kini, media sosial online menjadi tempat efektif mempromosikan tempat usaha Anda mengingat jaringannya yang luas bahkan tidak terbatas. Pilih media sosial yang sedang digandrungi masyarakat seperti Instagram, Twitter, dan Facebook. Untuk promosi offline bisa Anda lakukan dengan menyebar brosur, iklan baris dan media lainnya. Agar promosi tidak sia-sia pastikan Anda menyasar pasar yang tepat. Anda juga bisa melengkapi strategi ini dengan membuat website bisnis yang tengah Anda jalankan.

Kerjasama dengan Usaha Makanan Hewan

Tingkatkan pelayanan Anda dengan memberi hewan peliharaan makanan dan minuman yang sehat. Oleh karena itu, perlu melakukan kerjasama dengan tempat usaha makanan hewan atau perlengkapan hewan lainnya untuk mendapatkan harga hemat.

Lakukan Kerjasama dengan Komunitas Pecinta Hewan

Komunitas pecinta hewan menjadi tempat terbaik untuk melakukan promosi serta memperkenalkan bisnis Anda. Jadi, jangan ragu untuk menjadi bagian dari komunitas tersebut dan menjalin kerjasama. Anda bisa melakukan gathering atau talk show seputar perawatan hewan peliharaan serta topik-topik lainnya yang terkait.

Pilih Nama Usaha yang Unik

Nama yang unik menjadi salah satu strategi marketing yang menarik. Fungsinya, nama yang unik akan terngiang sehingga cepat dikenal orang dan pelanggan ditempat Anda akan meningkat. Jadi, Anda sebaiknya selalu memberi sentuhan unik untuk nama usaha. Jangan lupa melengkapinya dengan logo yang unik dan lucu agar orang lain lebih mudah untuk mengenal dan mengingat nama usaha Anda.

Tentukan Tarif Jasa

Anda harus menentukan tarif dengan baik, jelas dan tentunya sesuaikan dengan fasilitas yang ditawarkan. Terlebih masing-masing jenis hewan memiliki perlakuan yang berbeda-beda. Minuman dan makanannya pun berbeda, bahkan sabun mandi pun berbeda. Hal-hal seperti itu harus Anda pertimbangkan saat menentukan tarif jasa.

Buat Rencana Bisnis Terukur

Rencana bisnis bisa Anda buat secara sederhana tapi tersusun jelas dan terukur. Rencana tersebut meliputi modal, jumlah pegawai, jumlah kandang dalam suatu ruangan, harga makanan, dan biaya-biaya tambahan lainnya.

Pilih Tempat Strategis

Lokasi yang mudah ditemukan menjadi poin yang perlu dipertimbangkan jika Anda tinggal di kota besar. namun, jika Anda tinggal di daerah, pastikan Anda telah melakukan survei sebelumnya apakah daerah di sekitar Anda banyak yang memiliki hewan peliharaan atau tidak. Setelah memilih lokasi, pertimbangkan untuk menyewa ruko atau rumah yang layak lengkap dengan ventilasi agar hewan-hewan yang dititipkan ke Anda merasa betah dan nyaman.

Tentukan Jenis Hewan Peliharaan

Jasa penitipan hewan yang sering dicari seperti kucing dan anjing. Bisnis ini mengharuskan Anda memahami cara merawat hewan tersebut dengan baik. Jadi, langkah awal yang perlu dilakukan ialah menentukan jenis hewannya. Jika Anda seorang muslim, anjing tentu bukan pilihan yang tepat. Sehingga bisa memilih hewan lain seperti kucing, kelinci dan hamster. Di sisi lain, jika ternyata Anda pecinta anjing, lebih baik lagi jika fokus yang Anda geluti hanya pada satu jenis hewan saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *