Tips Sukses Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Di tengah kebutuhan hidup yang kian menjulang, para ibu rumah tangga sering dihadapkan pada dilema, ingin bekerja, namun ada pekerjaan mulia yang tak bisa ditinggalkan, yaitu mengurus rumah dan menjaga anak. Akan tetapi, saat ini para ibu rumah tangga tak perlu bingung, karena dengan berkembangnya teknologi, ibu rumah tangga pun bisa bekerja dengan menjalani bisnis online dari rumah.

Ada banyak bisnis online yang bisa menjadi pilihan, yang tentunya tak jauh dari kehidupan seorang ibu rumah tangga, seperti bisnis jualan baju, kebutuhan anak, atau makanan-makanan ringan yang dipasarkan lewat online. Meski terdengar mudah, namun untuk mencapai kesuksesan dan meraih keuntungan yang besar, ibu rumah tangga harus bisa menjalani usaha online ini dengan profesional, dan untuk bisa meraih kesuksesan, para ibu rumah tangga bisa melakukan tips-tips berikut ini:

Buat Situs Toko Online dengan Sistem Belanja Mudah

Orang yang memilih untuk berbelanja online tentunya menginginkan kemudahan, oleh karena itu, saat membuat situs toko online, hendaknya juga membuat sistem belanja yang mudah dan tidak ribet. Tak perlu meniru sistem belanja online di luar negeri yang mengharuskan pembeli mendaftar dan memasukkan nomor kartu kredit, email, dan lain sebagainya. Cukup gunakan akun facebook atau nomor handphone saja untuk memudahkan pembeli. Atau akan lebih mudah jika toko online menyediakan pemesanan secara langsung lewat sms, bbm, atau aplikasi chatting lainnya, sehingga pembeli pun akan merasa nyaman saat berbelanja.

Tampilkan Foto Berkualitas

Saat berbelanja online, hal pertama yang akan dilihat oleh calon pembeli adalah foto, oleh karena itu, untuk menarik calon pembeli, haruslah menggunakan foto yang berkualitas, sehingga pembeli bisa melihat secara langsung detail barang yang dijual. Akan sangat membantu apabila menggunakan kamera DSLR atau kamera pocket dengan resolusi yang memadai sehingga foto akan terlihat jelas dan tidak kabur.

Layanan yang Cepat dan Profesional

Pelanggan tentu akan menyukai toko online yang bisa merespon pelanggan dengan cepat dan tidak membuat pelanggan menunggu.  Apabila toko online bisa memberikan pelayanan yang baik, cepat dan profesional, tentunya hal ini bisa menarik minat pelanggan tersebut untuk membeli produk, bahkan bisa dijadikan langganan di kemudian hari.

Membekali Diri dengan Pengetahuan tentang Internet

Melakukan pekerjaan atau bisnis secara online tentunya membuat para pemilik bisnis pun harus memahami serba-serbi tentang internet. Jangan hanya karena ibu rumah tangga, maka malas untuk belajar, karena hal ini pun berpengaruh besar terhadap kesuksesan bisnis yang dijalani. Apabila menggunakan website atau blog sebagai sarana promosi, tak ada salahnya untuk belajar SEO sehingga blog toko online bisa berada di halaman pertama google sehingga banyak orang yang akan berkunjung.

Itulah tips yang bisa dilakukan para ibu rumah tangga dalam bisnis online, meski hanya bekerja di rumah, ibu rumah tangga pun harus bisa membuktikan bisa menjadi sukses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *