Tips Sukses Bisnis Travel Agent via Online

Travelling saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan sampingan, namun sekarang sudah menjadi gaya hidup, bahkan tak sedikit orang yang mencari nafkah atau penghidupan dari aktivitas travellingnya. Oleh karena itu, pilihan untuk membuka bisnis travel agent bisa menjadi sesuatu yang menguntungkan, tips sukses untuk menjalankan bisnis ini pun banyak tersebar, baik lewat buku maupun di dunia maya.

Menjalankan bisnis travel agent via online memang lebih mudah dan murah, apalagi jika sudah memiliki perlengkapan seperti komputer, printer, dan jaringan internet, maka kesuksesan bisnis travel agent pun sudah di depan mata dan bukan menjadi angan semata. Dan berikut ini adalah tips sukses yang bisa dilakukan dalam menjalani bisnis travel agent via online.

  • Hardware dan Software

Untuk menjalani bisnis travel secara online, hal pertama yang dibutuhkan serta harus dipersiapkan tentunya adalah perlengkapan  bisnisnya,  yaitu komponen software serta hardwarenya. Untuk hardware sendiri barang yang dibutuhkan adalah komputer atau laptop yang terkoneksi dengan internet, dan untuk softwarenya sendiri yaitu operating sistem atau program untuk menjalankan pemesanan tiket online. Software di sini juga bisa berupa billing transaksi serta website yang sudah memiliki sistem shop chart yang memudahkan pembelian tiket. Gunakan komputer serta jaringan internet yang terkoneksi baik dan lancar agar tidak menjadi hambatan ketika melayani konsumen.

  • Branded yang Menarik

Setiap bisnis yang dibangun tentunya membutuhkan branding untuk menarik konsumen, selain itu, adanya brand ini juga memudahkan calon konsumen untuk menemukan website atau agen tiket. Oleh karena itu, pilih nama usaha yang mudah diingat, mudah dilafalkan dan tentunya mencerminkan jenis usaha. Apabila nama usaha mudah diingat, dilafalkan dan diucapkan, tentunya akan mampu menarik lebih banyak konsumen.

Baca Juga: Tips Sukses Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

  • Promosi dan Penawaran yang Menarik

Ketika ingin membeli sesuatu, hal pertama yang pastinya menjadi pertimbangan para konsumen adalah harga. Oleh karena itu, pelaku usaha travel harus bisa menarik perhatian konsumen dengan memberikan promosi atau penawaran harga menarik, namun tidak merugikan pelaku usaha. Misalnya, promo bisa diberikan pada momen tertentu, atau bisa juga dengan pembelian tiket beberapa kali, maka akan mendapatkan diskon pada pembelian tiket selanjutnya. Dengan adanya beragam promo, ini tentunya akan membuat peluang bisnis semakin terbuka lebar.

  • Perluas Jaringan dan Relasi

Menjalani bisnis tentu saja tak bisa hanya dengan berdiam diri saja, untuk meningkatkan bisnis, pelaku usaha perlu memperluas jaringan serta relasi.  Relasi di sini tak hanya dengan pengusaha lain, namun bisa juga para calon investor yang ingin menanam saham di bisnis ini. Salah satu cara untuk memperluas bisnis adalah dengan mengikuti beragam kegiatan atau forum bidang bisnis sehingga akan banyak mengenal serta mengetahui bagaimana cara berbisnis yang baik dan dpat mendulang banyak keuntungan.

Itulah beberapa tips sukses dalam menjalani usaha travel agent online, meski hanya online, hal yang tak boleh dilupakan adalah pelayanan terhadap konsumen, karena pelayanan konsumen adalah ujung tombak bagi berjalan dan berkembangnya suatu usaha.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *