Tips Sukses Membangun Bisnis Media Sosial

Di era millenial seperti sekarang ini, sudah banyak pebisnis yang menggunakan media sosial untuk kampanye promosi. Selain itu, mereka juga memanfaatkan media sosial untuk memperkenalkan produk yang mereka jual hingga keperluan branding. Membuka bisnis media sosial memang menjadi pilihan rata-rata pebisnis pada umumnya dalam meraih kesuksesan. Berbagai kalangan usia dapat membuka usaha bisnis ini. Bahkan, tak jarang kalangan muda yang menjadi pengusaha sukses berkat bisnis yang mereka kelola melalui media sosial. Berikut beberapa tips bagaimana membangun sebuah bisnis di media sosial yang bisa Anda pelajari, antara lain:

Tips Sukses Membangun Bisnis Media Sosial

Membuat Status yang Menarik

Tips yang satu ini bermanfaat bagi Anda untuk menarik perhatian konsumen. Jika ingin bisnis Anda lebih dikenal banyak orang, buatlah status yang menarik. Dengan status yang menarik, banyak orang yang akan like atau share status Anda. Hindari membuat status yang mengandung unsur SARA. Hal ini dapat membuat bisnis Anda hancur dengan cepat. Sebisa mungkin Anda membuat status yang berpotensi viral dan berkaitan dengan produk yang Anda tawarkan.

Setiap Postingan diberi Hashtag

Penggunaan hashtag pada setiap postingan di media sosial sangat bermanfaat untuk memudahkan orang melakukan pencarian produk di akun Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya. Anda bisa menambahkan hashtag di bagian bawah status. Contoh: #PiyamaMurahJambi, #BonekaTermurah, dan lain sebagainya. Cara ini dapat membuat bisnis media sosial Anda semakin cepat dikenal.

Menentukan Target Pasar

Anda bisa membidik target pasar dengan memperkenalkan produk secara spesifik kepada kelompok tertentu, seperti kaula muda, perempuan hingga ibu-ibu. Strategi membuat grup bisnis media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan lainnya merupakan salah satu cara yang efektif. Sebagai contoh, grup “Grosir Tas Impor Murah”, “Case Handphone Murah”, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar produk yang Anda tawarkan lebih mudah diterima oleh masyarakat.

Merespon Konsumen dengan Cepat

Respon yang cepat oleh penjual menjadi nilai tambah tersendiri bagi konsumen yang ingin membeli. Jangan sampai Anda kehilangan konsumen hanya karena tidak merespon pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan. Memang ada beberapa konsumen hanya sekedar bertanya dan berujung tidak membeli, namun ini tetap menjadi tanggung jawab Anda untuk selalu menanggapi konsumen. Sebagian besar konsumen ada yang tidak sabar menunggu respon penjual dan akan mulai melirik toko online sebelah Sebisa mungkin Anda update media sosial setiap waktu agar tidak kehilangan banyak konsumen.

Membangun Komunikasi yang Baik dengan Konsumen

Membangun bisnis media sosial memang gampang-gampang susah. Komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci untuk menjaga hubungan antar penjual dan pembeli. Melalui media sosial seperti WhatsApp, DM, dan lainnya, Anda bisa berkomunikasi langsung dengan pembeli. Sebisa mungkin Anda berkomunikasi secara berkala dan merespon dengan baik. Sebagai contoh, Anda bisa bertanya apakah barang yang dikirim telah sampai, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *