Usaha Kecil Menengah dalam Bidang Jasa yang Bisa Anda Coba

Memiliki usaha sendiri dalam skala kecil sekalipun, memang merupakan sebuah kebanggaan yang tidak dapat dipungkiri didambakan oleh setiap insan. Selain dapat menghasilkan keuntungan, usaha yang dijalankan sendiri, pada umumnya dapat memberikan kita pengalaman dan pembelajaran yang sangat berarti dalam berbagai sistem kerja. Namun untuk memiliki usaha dalam skala kecil sekalipun, memang tidaklah mudah, berbagai kendala termasuk permodalan didalamnya, selalu ditemui oleh mereka yang memang memiliki status sebagai seorang pemula. Untuk mengatasi masalah permodalan ini, pemilihan usaha dalam bidang jasa yang memanfaatkan keahlian Anda mungkin dapat menjadi solusi tertepat yang dapat Anda pilih, agar modal yang Anda keluarkan untuk memulai usaha tersebut dapat Anda penuhi secara mandiri. Lalu usaha kecil menengah dalam bidang jasa apa saja, yang dapat kita jalankan? Berikut sedikit ulasannya.

Usaha jasa pertama yang mungkin dapat Anda jalankan dengan modal kecil adalah usaha jasa penjualan pulsa dan loket pembayaran online. Usaha ini hanya perlu Anda jalankan dengan memanfaatkan smartphone ataupun PC berjaringan internet yang telah Anda miliki. Dengan smartphone yang Anda miliki ini, Anda dapat mendaftarkan diri dalam keagenan sebuah sistem pembayaran online besar dengan menyetorkan sejumlah deposit saja. Cukup dengan 100 ribu rupiah, Anda sudah dapat menjalankan bisnis yang menguntungkan ini.

Usaha kecil menengah lainnya yang bergerak dalam bidang jasa, dan hanya membutuhkan keahlian dan modal kecil, antara lain adalah:

Baca Juga: Tips Mencari Modal untuk Usaha Kecil Menengah yang Bisa Anda Lakukan

  • Usaha jasa laundry dan dry cleaner, yang hanya membutuhkan mesin cuci dan alat setrikaan yang pada umumnya telah dimiliki oleh para ibu rumah tangga.
  • Usaha jasa penulisan artikel, dimana Anda hanya membutuhkan PC berjaringan internet untuk menawarkan keahlian Anda dalam menulis artikel kepada para pengelola website ataupun blog yang memang membutuhkan penulisan artikel untuk usaha yang mereka kelola.
  • Usaha web design merupakan jenis usaha yang memang banyak menghasilkan keuntungan bagi para pelakunya. Cukup dengan keahlian yang dimiliki dalam mengelola dan mengolah design website, keuntungan menjanjikan sudah dapat dinikmati.

Usaha jasa perbaikan atau yang biasa dengan bengkel juga dapat menjadi peluang usaha jasa yang dapat Anda lakukan dengan modal yang kecil. Pada umumnya orang yang memulai usaha dalam bentuk jasa perbaikan, merupakan orang yang telah memiliki berbagai alat perbaikan untuk kepentingan mereka sendiri, sehingga tidak membutuhkan modal lebih untuk pembelian alat perbaikan tersebut.

Usaha kecil menengah dalam bidang jasa, memang dapat memberikan keuntungan yang lebih bagi diri setiap insan yang menjalankannya. Oleh karena itu keahlian dan ketrampilan khusus memang harus kita pupuk sedini mungkin agar nantinya keahlian dan ketrampilan yang dimiliki dapat menjadi cangkul pembuka ladang pendapatan bagi orang yang memilikinya. Asah terus kemampuan dan ketrampilan yang Anda miliki, agar dapat menjadi hal yang menguntungkan bagi Anda.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *