Usaha Online Menjadi Dropship, Modal Kecil Untung Besar

Usaha online saat ini banyak dilirik oleh berbagai lapisan masyarakat mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua. Bisnis online bisa dijalankan oleh siapapun, bisa pegawai, ibu rumah tangga bahkan para mahasiswa atau pelajar memiliki kesempatan untuk berbisnis online.

Ada beragam jenis usaha online yang bisa dipilih, namun sebaiknya jangan asal memilih hanya karena trand atau iming-iming yang menjanjikan. Semua jenis bisnis online berpeluang membuat mendapatkan keuntungan yang besar asal dijalankan dengan serius dan konsisten. Sebaiknya pilih jenis bisnis yang Anda sukai dan sesuai dengan keahlian.

Salah satu jenis bisnis online yang bisa dijadikan pilihan tepat adalah bisnis dropship. Bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki modal kecil namun ingin untung besar.

Apa Sih Bisnis Online Dropship Itu?

Bisnis dropship adalah usaha menjual barang atau prodak milik orang lain. Namun terkesan Anda adalah penjualnya. Jika biasanya bisnis jualan produk atau barang terlebih dulu penjual harus membeli barang ke produsen, lalu menjualnya kembali. Bentuk jualan tersebut membutuhkan modal untuk membeli barang. Tentu saja hal tersebut kurang bagus bagi Anda yang tidak memiliki modal.

Jika Anda kurang modal bisa mencoba bisnis dropship, caranya Anda bisa kerjasama dengan produsen atua supplier. Kemudian Anda menjual barang milik supplier ke pada calon konsumen. Nah, jika ada penjualan maka tugas Anda tinggal memberi tahu kepada pihak supplier. Setelah itu pihak supplier akan mengirimkan barang ke alamat konsumen atas nama Anda.

Dari hasil penjualan tersebut, Anda akan mendapatkan komisi. Besar kecilnya keuntungan berbeda-beda tergantung perjanjian dengan pihak supplier. Namun biasanya komisi yang diberikan berkisar 5%-15% dari total harga barang.

Bagaimana Cara Memilih Supplier Yang Tepat?

Biasanya bagi para pembisnis dropship pemula akan menemukan kesulitan menemukan pihak supplier yang membuka dan siap bekerjasama. Karena bisnis ini tidak lepas dari resiko, misalnya: barang yang dikirim tidak sesuai dengan pemesanan atau cacat maka yang diprotes bukan pihak supplier namun Anda sendiri.

Jika hal tersebut terjadi akan mempengaruhi kredibilitas toko online yang Anda kelola. Jadi penting sekali memilih supplier yang tepat. Berikut ini tips mencari supplier yang tepat untuk bisnis dropship.

  1. Dapatkan informasi dari sumber yang terpercaya.
  2. Pastikan Anda mengetahui alamat dan kontak person.
  3. Jangan mudah tergoda dengan harga yang murah.
  4. Test pesanan, tidak ada salahnya Anda membeli satu atau dua barang untuk mengetahui kualitas produk yang dijual.
  5. Pilih supplier yang selalu aktif secara online.

Demikian informasi seputar usaha online menjadi dropship. Walaupun komisi yang Anda dapatkan kecil, namun jika barang yang dijual banyak hasil komisinya pun lumayan besar. Selamat berbisnis dropship.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *