Waspada Info Jual Beli Palsu di Internet

Saat ini banyak iklan jual beli yang berseliweran di dunia maya, tak hanya di website atau blog pribadi, namun juga di media-media sosial. Beragam info jual beli terus saja satang silih berganti dengan penawaran produk yang berbeda, dari produk kecantikan, produk kesehatan, hingga alat-alat elektronik dan mobil. Akan tetapi tidak semua info jual ini benar dan dapat dipertanggungjawabkan, karena tak sedikit yang merupakan modus-modus penipuan. Oleh karena itu, agar tak tertipu, berikut ini adalah ciri-ciri jual beli online palsu dan abal-abal yang patut diwaspadai:

Promosi Lewat Pesan Pendek dan Chat Messanger

Saat ini banyak produk-produk yang ditawarkan via pesan pendek atau chat messanger . Produk-produk ini biasa ditawarkan dengan harga yang sangat murah jika dibandingkan dengan harga baran serupa yang ada di pasaran. Biasanya yang seringkali ditawarkan adalah produk-produk ponsel, laptop, barang-barang elektronik, motor, hingga mobil. Waspadai modus seperti ini, karena sangatlah tidak mungkin jika produk dengan harga mahal dalam kondisi baru yang dijual dengan harga murah meriah.

Tidak Menerima COD

Para penipu yang menyebarkan iklan produk di info jual beli online biasanya tidak menerima sistem COD atau Cash on Delivery yang mana pembeli bertemu langsung dengan penjual dan membayar di tempat, meskipun itu berada dalam satu kota. Penjual akan mencari banyak alasan kenapa tidak melakukan sistem COD, hal ini menjadi indikasi bahwa penjual adalah penipu yang tidak memiliki barang yang ditawarkan.

Baca Juga : Info Jual Beli Online yang Harus Anda Ketahui

  

Tak Ada Alamat Toko

Alamat toko di sini bukan berarti harus berupa toko fisik layaknya toko kelontong atau serba ada, minimal harus ada alamat rumah, kos, kontrakan atau tempat tinggal. Apabila mereka tidak berani atau tidak mau memberikan  alamat, layak diwaspadai ada unsur penipuan  dalam transaksi online in

Testimoni Palsu

Testimoni memang seringkali menjadi rujukan para pembeli untuk melihat reputasi toko online. Akan tetapi harus diwaspadai jika testimoni yang dicantumkan adalah testimoni palsu yang dibuat sendiri atau tak jarang hanya menyomot di google.

Lokasi Toko ada di Batam, Pontianak, dan Kepulauan Riau  

Apabila ada penjual online dari 3 kota ini yang menawarkan barang dengan harga super murah, maka patut diwaspadai, apalagi jika selisihnya 50% lebih, tentunya hal ini tidak mungkin. Semurah-murahnya produk di daerah perbatasan negara, tidak akan semurah harga produk yang ditawarkan.

Anti Rekening Bersama

Untuk meminimalisir penipuan, saat ini memang ada sistem rekening bersama yang mana semua pembayaran dari pembeli akan ditampung dulu di rekening bersama, baru kemudian disalurkan pada penjual jika barang sudah diterima oleh pembeli. Apabila memang tida menipu, penjual seharusnya tak perlu takut untuk menggunakan rekening bersama.

Apabila menemukan kejanggalan-kejanggalan seperti yang sudah disebutkan di atas dalam info jual beli, maka pembeli patut waspada dan akan lebih baik jika mencari toko online atau penjual online yang sudah kompeten dan terpercaya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *