Kiat-Kiat Pilih Buku Cerita Anak Berkualitas

Inilah kiat dalam memilih buku cerita untuk anak. Tentu Anda sepakat bila buku merupakan jendela ilmu serta jendela dunia. Jika kita membaca buku, kita dapat merasakan seperti apa kehidupan yang berada di negara lain hingga kedepan orang-orang yang berada di dunia lain. Dengan menggunakan buku pula Anda dapat berkenalan dengan berbagai pemikiran dari para ilmuan yang berada di jaman dahulu. Karena pentingnya peran dari buku ini, bila kita menginginkan buah hati kita menjadi anak yang kaya ilmu dan juga cerdas, kita dapat membuatnya mencintai buku. Namun, membuat anak mencintai buku tentu tidak mudah, terlebih sekarang ada dunia digital yang memiliki berbagai macam game yang menggoda. Kita harus bisa memilih buku cerita anak yang menarik.

Kiat-Kiat Pilih Buku Cerita Anak Berkualitas

 

Kiat dalam memilih buku cerita untuk anak

1. Usia buah hati

Tips pertama untuk memilih buku cerita bagi anak ialah menyesuaikannya dengan usia buah hati. Ketika Anda memilihkan buku cerita ini, hal ini ialah hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ialah penyesuaian dengan usia anak Anda. Contohnya saja bila buah hati Anda masih balita dan belum dapat membaca. Tentunya Anda harus mencarikan buku yang memiliki jumlah kata yang sedikit bukan? jangan sampai Anda memilih buku. Bila Anda salah memilih nantinya bukannya anak Anda suka namun ia akan menganggap bila buku merupakan benda yang membosankan.

2. Isi didalam cerita

Tips kedua untuk memilih buku cerita anak ialah memeriksa buku serta muatan yang berada di dalamnya. Pemeriksaan buku ini sangat penting untuk Anda lakukan. Anda tidak mau bukan dikarenakan kelalaian Anda, buah hati tercinta mengkonsumsi berbagai macam buku yang kurang sesuai dengan usianya atau buku berisikan berbagai macam muatan yang malah mengarahkannya pada keburukan. Oleh karena itu periksa isi buku yang akan Anda beli.

3. Ada ilustrasi

Ketiga, cari buku yang kaya dengan ilustrasi. Agar dapat melatih daya imajinasi yang ia miliki, Anda dapat membacakan berbagai buku cerita yang lebih mengarah ke imajinasi. Anda dapat menggunakan berbagai macam gambar sehingga nantinya imajinasi anak dan sesuatunya akan mengarah sehingga ia dapat mengaitkan cerita dengan fenomena. Bila buku kaya dengan ilustrasi, seringnya akan menikmatinya dengan cara membuka buku walaupun ia tidak ditemani oleh orangtuanya. Hal ini disebabkan mereka akan dapat menikmati isi buku walaupun belum dapat membacanya.

4. Mengenali minat

Tips terakhir untuk pilih buku cerita anak ialah mengenali minat buah hati Anda ketika ia akan memilih buku. Sebagai seorang orang tua tentu saja kita harus melihat minat anak untuk memilihkan buku. Bila anak penyayang binatang, Anda dapat membeli buku cerita yang bertokoh binatang. Begitu pun ketika mereka lebih menyukai transportasi. Anda dapat membeli buku kartun yang memiliki banyak gambar transportasi. Bila Anak lebih antusias pada sesuatu, maka disinilah minat mereka.

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *