3 Cara Transaksi Belanja Online Paling Aman

Berbelanja dengan sistem online sekarang ini jauh digemari dibandingkan dengan berbelanja dengan cara manual. Hal ini karena berbelanja di toko online jauh lebih praktis dan mudah. Selain itu dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja asalkan Anda memiliki konektivitas internet. Karena dilakukan secara online, secara otomatis pembayaran dilakukan secara tidak langsung. Tapi disisi lain pembayaran yang tidak langsung ini membuat banyak pelanggan merasa resah. Bagaimana tidak, belanja secara online lebih beresiko untuk terjerat tindak penipuan. Meskipun begitu sebaiknya Anda jangan panik karena ada beberapa cara transaksi belanja online yang aman dan bisa Anda pilih. Apa sajakah itu?

Cash On Delivery

Cash on delivery atau kerap dikenal dengan COD adalah contoh transaksi pertama yang bisa Anda lakukan ketika berbelanja lewat online. COD ini berbeda dengan transaksi keuangan lainnya karena transaksi ini sejatinya dilakukan dengan cara bertatap muka langsung antara penjual dengan pembeli. Sistem pembayaran seperti ini ternyata memiliki beberapa keuntungan. Diantaranya:

– Anda bisa melihat barang pesanan secara langsung. Sehingga kondisi aslinya bisa diketahui secara jelas.
– Lebih aman karena bertemu penjualnya secara langsung di tempat. Bahkan juga memudahkan Anda untuk mengenal penjual.
– Tawar menawar bisa juga dilakukan lewat sistem COD atau pembayaran di tempat secara langsung.
– Namun sistem COD ini memiliki kelemahan yakni mudah terjerat berbagai tindak kejahatan. Agar hal ini tidak terjadi lebih baik lakukan sistem COD di tempat yang cukup ramai.

Rekening Bersama

Selain menggunakan sistem COD, transaksi belanja online aman yang bisa Anda pilih adalah menggunakan sistem rekening bersama. Sistem seperti ini sebenarnya sudah digunakan oleh banyak marketplace dan beberapa toko online lainnya. Jadi pembayaran dalam sistem pembayaran ini Anda tidak akan langsung mengirim uang kepada penjual. Namun harus melalui pihak ketiga terlebih dahulu. Jika barang pesanan sudah Anda terima maka pihak ketiga tersebut akan mengirimnya kepada penjual. Cara ini memang dinilai lebih aman tapi kelemahannya adalah beberapa penyedia jasa rekening bersama biasa meminta uang jasa. Tapi tidak perlu takut karena biaya jasa tidak terlalu banyak.

Transfer Bank

Transfer bank merupakan jenis pembayaran yang paling lazim dilakukan. Hal ini karena transfer lewat bank jauh lebih praktis. Bisa dilakukan secara langsung dengan datang ke bank ataupun bisa menggunakan internet banking yang ada. Meskipun memberikan kemudahan ternyata transaksi lewat bank tetap mengandung resiko. Beberapa resikonya adalah seperti berikut:

– Anda harus benar-benar memastikan jika penjual tersebut jujur.
– Memiliki resiko kesalahan transfer ke nasabah lainnya.
– Jika bank mengalami trouble jaringan, maka Anda tidak bisa melakukan transfer.
– Transfer lewat bank juga dinilai terbatas waktu karena tidak bisa dilakukan selama 24 jam.

Nah, itulah berbagai cara untuk transaksi ketika Anda berbelanja dengan sistem online. Masing-masing cara memang memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Untuk itulah disarankan bagi Anda untuk memilih sistem pembayaran yang paling tepat. Mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing cara transfer juga penting sekali. Sehingga bisa menekan resiko kerugian dari Anda.

Tak kalah penting dari itu semua adalah Anda harus memastikan toko untuk belanja online pilihan Anda benar-benar jujur dan memiliki reputasi baik. Sebab apapun transaksi pembayaran yang digunakan akan tetap aman dan terpercaya jika penjualnya benar-benar memiliki reputasi bagus. Demikian ulasan ini dan semoga memberikan informasi baru bagi Anda. Selamat berbelanja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *