6 Hal Penting yang Harus Dipersiapkan Oleh Online Shop untuk Harbolnas 2017

Harbolnas atau hari belanja online nasional yang diadakan pada bulan Desember setiap tahunnya ini banyak ditunggu oleh para konsumen yang ada di Indonesia. Hal tersebut disebabkan karena saat harbolnas tersebut tiba, banyak barang yang akan dijual dengan harga yang lebih murah dengan potongan harga bisa mencapai 70%. Harbolnas ternyata tidak hanya bisa dimanfaatkan dan menguntungkan untuk konsumen namun juga untuk toko online yang ikut berpartisipasi dalam black Friday tersebut. Untuk harbolnas 2017, online shop bisa mempersiapkan 6 hal penting berikut.

harbolnas bukalapak

 

Pertama adalah siapkan server Anda. Saat harbolnas, konsumen yang mengunjungi toko online yang mengikuti hari belanja online nasional itu, lebih banyak bahkan bisa mencapai lebih dari 2-3x lipat dibandingkan hari biasanya. Untuk menghindari terjadinya lagging atau not responding saat konsumen berbelanja di online tersebut karena serbuan dari para konsumen, maka mau tidak mau Anda harus meningkatkan kuota server Anda. Anda bisa menaikkan bandwidth saat harbolnas dan jika sudah selesai bisa Anda turunkan atau kembalikan lagi ke kuota sebelum harbolnas berlangsung.

Kedua adalah siapkan website toko online Anda. Karena hampir 90% pengunjung online shop memilih untuk mengakses online shop tersebut dengan menggunakan gadget seperti smartphone ataupun tablet, maka Anda harus mengubah website online shop tersebut menjadi mobile friendly. Jangan sampai ketika online shop dibuka lewat desktop misalnya lewat laptop dalam kondisi baik namun saat dibuka di smartphone tampilannya berantakan yang bisa membingungkan konsumennya. Karena hal tersebut, ubah web online shop Anda menjadi mobile friendly sehingga konsumen juga bisa lebih nyaman saat berbelanja di toko online terpercaya tersebut.

Ketiga adalah siapkan sistemnya. Walaupun evaluasi online shop harus di perbaiki tidak hanya saat harbolnas 2017 namun ketika harbolnas akan lebih banyak konsumen yang masuk dan berkunjung lalu berbelanja sehingga sistem akan menjadi salah satu hal yang diperhatikan oleh pengunjung misalnya apakah mudah dioperasikan atau tidak. Salah satu sistem yang harus diperhatikan adalah mengenai kemudahan pembayaran. Buat jalur atau sistem semudah mungkin untuk pembayaran barang sehingga pembeli yang baru pertama kali membeli tidak merasa bingung.

Keempat adalah siapkan voucher atau kode promo khusus untuk harbolnas. Hal yang paling ditunggu saat harbolnas adalah potongan harga dan promo yang diberikan oleh situs jual beli terpercaya tersebut sehingga untuk memikat agar konsumen tertarik berkunjung dan membeli produk di online shop tersebut butuh kupon khusus. Perhitungkan dengan teliti apakah dengan pemberian voucher atau kupon tersebut tidak merugikan pihak online shop terutama jika online shop tersebut merupakan marketplace yang melibatkan banyak penjual dalam 1 website jual beli.

Persiapan lainnya yang harus diperhatikan dan dilakukan oleh toko online terpercaya untuk mempersiapkan harbolnas 2017, adalah:

– Koordinasi terutama untuk jenis e-commerce yang merupakan marketplace dimana memiliki lebih dari 1 penjual. Dengan adanya koordinasi tersebut, maka bisa meminimalisir hal yang kurang diinginkan misalnya perselisihan antara pihak e-commerce, pihak penjual dan pembeli serta voucher fiktif yang kerap mewarnai harbolnas di tiap tahunnya.
– Cara atau strategi marketing yang akan digunakan. Strategi tersebut berfungsi untuk menjangkau konsumen sehingga nantinya konsumen akan lebih tahu mengenai promo apa yang Anda berikan saat harbolnas. Dengan banyaknya konsumen yang tahu tentang promo online shop Anda, maka pengunjung juga akan lebih banyak dan prosentase penjualan dan keuntungan juga akan lebih tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *