Beberapa Alasan Orang Enggan Gunakan Rekber

Rekber-Payment-System-Hindari-Penipuan-OnlineBanyak orang kini memilih untuk belanja online ketimbang belanja secara konvensional. Alasannya adalah demi menghemat waktu, apalagi bagi orang-orang di kota metropolis, seperti Jakarta dan Surabaya, yang sering terhambat kemacetan lalu lintas. Namun, hingga kini, belanja online memang belum bisa disebut benar-benar bebas dari penipuan online.

Satu demi satu kasus penipuan online masih saja terjadi, meski hal tersebut tidak mengurangi antusiasme pengguna internet yang hendak bertransaksi, karena setiap tahun jumlah transaksi internet terus bertambah. Beberapa situs belanja populer kemudian mencoba turut berperan aktif dalam mencegah upaya penipuan yang mengatasnamakan situs mereka. Salah satunya dengan memberikan fitur transaksi rekening bersama (rekber), seperti Bukalapak dan Tokopedia. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan untuk menggunakan fitur tersebut dan memilih bertransaksi langsung dengan penjual. Berikut beberapa alasan para pengguna internet enggan untuk menggunakan rekening bersama:

1.    Ribet
Sistem transaksi rekening bersama (RekBer) dianggap oleh beberapa pengguna internet malah membuat ribet. Biasanya mereka yang enggan menggunakan sistem transaksi rekber sudah sering bertransaksi online. Hal ini yang membuat insting mereka cukup terlatih dan bisa membedakan mana penjual yang jujur maupun tidak. Namun, bagi kalian yang belum cukup jam terbang bertransaksi online, sebaiknya gunakan rekening bersama.

2.    Kurang efisien
Rekber dianggap kurang efisien oleh penjual karena mereka mesti menunggu konfirmasi dari pembeli setelah menerima barang. Semakin lama pembeli mengonfirmasi penerimaan barang, akan semakin lama penjual untuk menerima uang dari pihak ketiga yang mengelola rekening bersama. Hal itu akhirnya membuat penjual lebih memilih untuk menerima transaksi langsung, meski hal ini sangat rentan dimanfaatkan untuk upaya penipuan.

3.    Biaya tambahan
Meski tidak semua, ada beberapa situs belanja yang mengenakan biaya untuk setiap penggunaan sistem transaksi rekening bersama. Di Kaskus, penggunaan rekening bersama ada biaya tambahan mulai Rp10 ribu dan akan terus bertambah tergantung nominal transaksi. Di Bukalapak dan Tokopedia, rekening bersama sama sekali tidak dipungut biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *