Ingin Belanja Online Aman? Ikuti 6 Tips Belanja Online Ini

Dengan menjamurnya toko online, semakin mempermudah kegiatan berbelanja. Sekarang hanya dengan mengklik mouse atau menyentuh layar smartphone, kita sudah bisa membeli berbagai macam kebutuhan. Hadirnya internet jelas mengubah kebiasaan belanja masyarakat modern, dengan belanja online tanpa harus keluar rumah masuk keluar toko.

Meskipun memberikan kenyamanan dan pengalaman belanja yang menyenangkan, berbelanja online tetap membutuhkan sikap hati-hati dan selektif. Hal ini karena masih banyak oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan modus penipuan. Ada banyak jenis modus, seperti: barang yang dikirim tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan, barang tidak kunjung datang, barang yang dikirim cacat atau rusak dsb.

Namun Anda jangan takut belanja online, karena ada tips yang bisa dilakukan agar kegiatan belanja di internet lebih aman, menyenangkan dan terhindar dari modus penipuan. Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Jaminan Keamanan Pembayaran

Salah satu metode pembayaran jual beli online adalah menggunakan kartu. Dalam hal ini, penting untuk mengingat bahwa sifat kartu kredit adalah statis. Artinya, nomor yang tertera pada kartu tidak berubah kecuali jika Anda menutup akun dan membuat yang baru. Jika Anda menggunakan kartu kredit yang harus diperhatikan benar adalah keamanan informasi data pribadi pemegang kartu.

Di khawatirkan jika data informasi bocor, disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga data pribadi Anda yaitu salah satunya dalah memastikan situs jual beli atau toko online yang Anda pilih aman. Untuk mengetahui keamanan situs bisa di cek ikon gembok kecil, biasanya terdapat pada pojok kanan bagian atas URL bar.

Anda bsia memastikan keamanan situs dengan melihat tambahan huruf “S” pada alamatnya, yaitu diawali dengan: https:// Sedangkan halaman web yang belum terjamin keamananya awalannya hanya: http://

Baca Juga: Tips Sukses Usaha Online Agar Laris Di Pasaran

Perhatikan Dengan Seksama Halaman Web Situs/ Toko Online

Sebelum melakukan transaksi, lihat dan amati halaman web toko online yang Anda kunjungi. Pastikan Anda mencari tahu informasi mengenai reputasi toko tersebut, caranya bisa melalui review atau testimony orang yang pernah belanja di toko online tersebut.

Toko online yang memiliki kredibilitas yang baik, biasanya akan mencantumkan informasi berupa alamat fisik atau nomor telepon yang bisa dihubungi. Sebelum memesan barang pastikan aturan yang diberikan, misalnya: pastikah apakah toko tersebut melayani pengembalian barang jika terjadi masalah dsb.

Jika Anda sudah memilih toko online lalu melakukan pemesanan, jangan lupa untuk menyimpan bukti transaksi sampai barang sampai ke tangan Anda. Jadi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, Anda bisa minta pertanggungjawaban pihak toko.

Belanja online bisa sangat menyenangkan jika dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Selamat berbelanja!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *