Inilah 4 Cara Jitu Belanja Online Tanpa Terkena Penipuan  

Belanja online memang saat ini sedang digemari sekali oleh masyarakat Indonesia dan juga beberapa negara lainnya. Hal ini dinilai sangat praktis dan juga mengirit waktu mereka, dibanding harus mencari barang yang mereka inginkan dengan mencarinya di dalam satu mall dari pagi hingga malam. Namun, belanja di internet pastinya mempunyai resiko-resiko yang tidak terhindarkan, seperti halnya penipuan yang membawa kabur uang Anda, atau pun mengirimkan barang yang jauh berbeda sekali dengan pesanan Anda. Hal ini tentunya akan membuat Anda jengkel dan merasa malas untuk berbelanja lagi dengan cara online. Untuk itu, saat ingin berbelanja online, terapkanlah 4 cara ini agar Anda pun terbebas dari yang namanya penipuan di media sosial:

 

Mencari Riwayatnya

Sering kali yang menjadi acuan apakah toko tersebut benar-benar terpercaya dilihat dari jumlah dan banyaknya pengikut pada akun tersebut. Namun, sekarang ini mempunyai banyak pengikut belum tentu bahwa toko tersebut terpercaya. Hal ini dikarenakan sekarang ini Anda bisa dengan mudah dan cepat membeli followers atau pengikut sampai beribu-ribu. Untuk mengetahui apakah toko tersebut terpercaya atau tidak, Anda bisa mengecek latar belakang dan juga riwayat mereka atau yang sering disebut dengan track record dengan menggunakan mesin pencarian atau pun bertanya pada teman Anda tentang hal ini.

 

Testimoni dan Harga Murah

Sering kali, para kaum wanita sangat cepat tergiur untuk membeli suatu barang apa lagi jika barang tersebut mempunyai diskon atau berharga murah. Dan untuk mengecek apakah toko tersebut terpercaya atau tidak dengan melihat testimoninya. Sekarang ini, testimoni juga bisa dipalsukan. Pastikan untuk membandingkan harga dengan toko lainnya dan mencari testimoni asli dari orang yang sudah berbelanja disana, dengan begini Anda pun bisa belanja online dengan tenang.

 

Minta Foto Barang Asli

Sekarang ini, banyak sekali toko online yang mengunduh foto-foto yang bersumber dari internet. Memang tidak semuanya seperti itu, namun jika yang mereka unggah adalah gambar dari internet semua, akan lebih baik jika Anda meminta foto asli dari produk tersebut. Hal ini cukup ampuh untuk melihat apakah toko tersebut terpercaya atau tidak. Hal ini juga berguna bagi Anda untuk melihat apakah barang yang dijual sesuai dengan gambarnya atau tidak. Jika tidak sama, Anda pun bisa berbelanja di toko lain.

 

Memilih untuk COD

Sekarang ini, metode COD atau Cash on Delivery ini sangat banyak digunakan bagi mereka yang melakukan belanja online. Hal ini tentu saja menjadi cara yang paling ampuh untuk melihat jika pemilik toko tersebut tidak menipu Anda. Langsung bertemu tatap muka dengan pemiliknya, mengambil barang dan juga memberikan uangnya ditempat juga. Cara ini tentu saja tidak akan berani diambil oleh para penipu di situs jual beli online.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *