Sebelum Menyusun Strategi Marketing, Perhatikan Dahulu 4 Hal Ini!

Saat ini ada banyak sekali usaha-usaha kecil di Indonesia yang bersaing dengan perusahaan besar untuk menarik konsumen. Memang hal ini tidaklah mudah bagi pemilik usaha kecil, namun untuk bisa laris manis, mereka harus cerdas dalam hal pemasaran atau marketing. Agar pemasaran Anda, pemilik usaha kecil bisa berhasil, Anda harus menerapkan strategi marketing yang harus dipelajari terlebih dahulu. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum menerapkan strategi tersebut pada usaha Anda. Inilah 4 hal yang harus diperhatikan sebelum memulai untuk menerapkan strategi ke usaha kecil Anda:

 

Perencanaan

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah perencanaan. Menjalankan sesuatu haruslah didasari adanya perencanaan agar semua bisa berjalan dengan mulus, tidak terkecuali untuk bidang pemasaran atau marketing. Buatlah suatu perencanaan konsep dari pemasaran yang Anda ingin jalankan untuk bisa menarik minat para pelanggan disekitar Anda. Untuk itu, Anda harus meluangkan waktu yang Anda miliki untuk membuat dan juga merencanakan strategi apa yang kan digunakan, anggaran dari marketing tersebut dan juga segala konsep yang berhubungan dengan sistem pemasaran yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda.

 

Target Pasar

Selain membuat perencanaan, memiliki target pasar juga sangat penting untuk ditentukan dan disusun untuk melancarkan strategi marketing yang akan Anda terapkan pada bisnis Anda. Hal ini bertujuan agar Anda dapat berfokus hanya pada segmen dari pasar yang Anda akan masuki dan membuat pemasaran yang lancar pada pasar tersebut. Selain itu, dengan adanya target pasar ini nyatanya juga dapat memberikan kemudahan dan juga kejelasan bagi Anda dalam membuat konsep pemasaran yang akan Anda laksanakan tersebut.

 

Marketing Mix

Memang istilah ini terasa asing bagi Anda yang sama sekali belum pernah belajar apa pun tentang dunia bisnis dan juga pemasaran. Namun nyatanya, hal ini sangat penting untuk Anda ketahui. Hal ini berkaitan dengan detil-detil dari pemasaran Anda, seperti jenis produk, harga produk, tempat penjualan, dan up promosinya. Anda haruslah menentukan hal itu semua secara matang dan menyusunnya dengan sesuai, serta mengetahui bagaimana Anda akan melakukan distribusi produk dan bagaimana orang-orang dapat mengenal produk Anda tersebut.

 

Branding, Promosi dan Iklan

Hal terakhir yang harus Anda perhatikan ketika akan melakukan pemasaran dengan menerapkan strategi marketing adalah branding atau bagaimana cara konsumen Anda menerima produk dan juga perusahaan Anda. Biasanya, para pengusaha kecil membutuhkan logo dan juga pengenalan produk yang dijual. Selain itu, promosi dan juga iklan menjadi komponen yang penting juga karena hal ini terbukti ampuh untuk membuat produk dan juga toko Anda dikenal oleh masyarakat luas dan juga ampuh membuat penjualan menjadi meningkat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *