Tips Jitu Menghindari Barang Palsu yang Beredar di Pasaran

Anda mungkin pernah mengalami kejadian menyebalkan saat membeli gadget, kosmetik, barang elektronik, dan kebutuhan lainnya. Faktanya memang banyak sekali beredar barang-barang tiruan di pasaran, bahkan produsen barang palsu ini berupaya keras meniru penampilannya agar benar-benar mirip dengan produk asli. Memperoleh barang semacam ini sangat merugikan dan bisa membahayakan, karena seringkali dibuat dengan kualitas buruk dan tidak ada jaminan dari produsen seperti halnya produk asli. Lalu bagaimana cara menghindari barang-barang tiruan ini?

Memerhatikan Logo

Saat hendak membeli sebuah produk, produk apapun itu, tas, sepatu, kosmetik, atau pakaian, pastikan Anda mengenali logo brand aslinya. Jika Anda hendak membeli barang secara online, mintalah foto logo dari produk tersebut. Dari situ Anda bisa mengenali apakah barang tersebut asli atau palsu. Anda bisa mengamati dari segi bentuk, ukuran, warna, hingga penempatannya. Tak jarang, barang palsu memiliki logo di tempat yang tidak semestinya.

Melihat Harga

Sebelum membeli barang, Anda harus tahu betul harga barang tersebut. Bisa dengan melalui situs resmi di internet atau Tanya kepada ahlinya. Hal ini untuk mengantisipasi jika penjual nakal berusaha menipu dengan mengatakan diskon besar-besaran namun harganya terlampau jauh. Ini juga menjadi pelajaran agar kita tidak terburu-buru membeli barang hanya karena iming-iming harga yang super murah.

Mengecek Barang-Barang yang Dijual

Salah satu ciri penjual abal-abal adalah dari barang yang dijualnya. Jika seseorang menjual barang palsu, semua koleksi di toko online nya cenderung hanya dari satu merek. Dan biasanya produk tersebut sangat banyak dijumpai di toko online lain dengan gambar yang sama. Namun, bagi seorang penjual asli, ia tentu akan menjual produk ternama dari berbagai merek. Sebaiknya Anda membeli produk pada situs resmi ataupun pada toko yang sudah memiliki kredibilitas yang tinggi.

Baca Testimoni Pembeli

Langkah ini cukup efektif dilakukan untuk mengetahui keaslian barang. Testimoni adalah ungkapan review dari pembeli yang pernah membeli produk tersebut. Seorang pembeli tentu jujur akan apa yang dialaminya. Misalnya kondisi barang yang diterima, hingga ke-original-an suatu barang. Namun, Anda tetap harus berhati-hati. Saat ini banyak testimoni palsu yang menyatakan kepuasan akan produk yang diterima. Meskipun diucapkan oleh beberapa akun preview, namun isinya hampir sama, dan dengan bahasa yang singkat. Misalnya “oke”, “bagus”, “recommended” dan lain sebagainya.

Tanyakan Keaslian Barang kepada Penjual

Hal ini adalah jalan keluar jika Anda masih ragu dengan apa yang sudah Anda simpulkan sebelumnya. Tanyakan langsung kepada penjual agar semua menjadi pasti. Anda bisa mengirimkan pesan kepada penjual, dan jika ia membalas pesan, maka kemungkinan besar barang tersebut asli. Penjual tidak akan mau mengambil risiko untuk berkata bohong karena Anda bisa saja menuntut dan melaporkannya dengan mengumpulkan bukti transaksi. Hal ini bisa masuk ke dalam kasus penipuan yang akan merugikan pihak penjual sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *