Industri Musik Indonesia

Musik adalah suara yang disusun sehingga di dalamnya mengandung irama, lagu, dan keharmonisan lewat suara-suara yang dihasilkan oleh alat musik. Musik merupakan suatu seni yang menjadi hiburan bagi manusia. Tidak hanya sebagai hiburan, musik juga dapat digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan perasaan atau pikiran seseorang. Genre musik di dunia ini terdiri atas berbagai macam. Melalui artikel inilah akan dijelaskan perihal beberapa jenis musik yang populer di Indonesia.

Di Indonesia sendiri, terdapat berbagai macam jenis musik yang berkembang. Perkembangan musik di Indonesia dapat dikatakan berjalan dengan sukses. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya penyanyi-penyanyi atau grup band yang muncul di Indonesia. Mereka berlomba-lomba menciptakan karya terbaiknya demi menarik antusiasme para peminatnya sekaligus menjaring calon penggemar baru.

Tak puas hanya terkenal di Indonesia, kini tak sedikit pula penyanyi atau musisi Indonesia yang terkenal di kancah internasional. Agnes Monica dan Anggun C. Sasmi adalah yang sukses mengepakkan karier bernyanyinya hingga di kancah internasional. Nah, ingin tahu genre musik dan penyanyi mana saja yang populer di Indonesia? Yuk, simak uraian berikut ini!

1. Musik Pop

Jenis musik yang paling populer di Indonesia adalah musik populer. Pop. Tidak hanya populer di Indonesia, musik pop juga dapat dikatakan populer di seluruh penjuru negara dan bercampur dengan varian musik lainnya menjadi pop alternative.

Di Indonesia, musik pop biasanya paling banyak digemari oleh remaja. Kepopuleran musik pop disebabkan oleh beat, nada, dan liriknya yang mudah dicerna dan dinikmati oleh masyarakat dari berbagai kalangan.

Beberapa penyanyi musik pop Indonesia yang terkenal adalah Anggun C. Sasmi dan Agnes Monica. Kedua penyanyi pop tersebut bahkan sudah terkenal di kancah internasional.

Selain itu, ada pula Efek Rumah Kaca yang menyajikan musikalitas tingkat tinggi dengan balutan lirik yang memuat kritik sosial, Nidji yang kental dengan nuansa Britpop, Mocca yang begitu populer di Korea Selatan, dan RAN yang sukses menutup Asian Games 2018.

blogspot.com

Mereka adalah musikus-musikus terkenal di kalangan anak muda Indonesia. Kualitasnya pun diakui oleh dunia internasional.

2. Musik Dangdut

Genre musik yang juga populer dalam masyarakat Indonesia adalah musik dangdut. Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa musik dangdut adalah musik asli dari Indonesia.

Jika dilihat dari sejarahnya, musik dangdut dibentuk dari perpaduan antara musik India dan musik Melayu. Alat musik yang terkenal dari musik dangdut adalah kendang. Bahkan, ada pendapat yang mengatakan bahwa nama dangdut diambil dari bunyi alat musik tersebut.

Musik dangdut umumnya digemari oleh kalangan menengah ke bawah. Popularitas musik ini dapat dilihat dari banyaknya masyarakat dari kalangan menengah ke bawah yang menyewa orkes dangdut untuk mengisi berbagai acara besar, seperti acara pernikahan, sunatan, syukuran, dan sebagainya.

Dunia dangdut Indonesia semarak oleh para artis termahsyur di eranya, antara lain, Rhoma Irama, Rita Sugiarto, Mansyur S., Johnny Iskandar, dan Meggy Z.

indowarta.com

Kini, tradisi itu diteruskan dalam kemasan yang lebih segar oleh nama-nama seperti Via Vallen dan Nella Kharisma.

3. Musik Rock

Ciri khas yang dimiliki musik rock ini terletak pada permainan alat musiknya yang menghentak dan enerjik. Meskipun tidak lagi sepopuler musik pop dan musik dangdut, musik rock tidak dapat dipisahkan dari sejarah perkembangan musik di Indonesia.

Pada masa kejayaannya, musik rock sangat berpengaruh dalam kehidupan musik di Indonesia. Pada saat itu, musik rock tidak hanya dijadikan sebagai hiburan, tetapi penampilan yang biasa dimiliki penyanyi rock juga dapat memengaruhi gaya atau mode berpakaian para remaja di Indonesia.

Beberapa grup band musik rock yang terkenal di Indonesia, antara lain adalah Slank, Kotak, Netral, Superman is Dead, Jamrud, dan lain-lain. Dewa 19 pun bermetamorfosa menjadi pengusung genre satu ini, terutama setelah Ari Lasso hengkang dan digantikan oleh Once Mekel. Lengkingan gitar Andra Ramadhan sepertinya terlalu sulit dihilangkan dari sejarah musik rock Indonesia, tanpa mengurangi rasa hormat yang dalam terhadap dedengkot rock seperti God Bless, misalnya.

4. Musik Tradisional

Genre musik lain yang perlu kita ingat adalah musik tradisional. Musik tradisional ini terdiri dari berbagai macam bunyi-bunyian dan hampir ada di setiap daerah Indonesia. Tak mengherankan, tentu. Negara Indonesia adalah negara yang beraneka ragam suku dan budayanya, termasuk pula alat musiknya. Misalnya, musik gamelan dari Jawa Tengah, musik angklung dari Jawa Barat, musik sasando dari NTT, dan sebagainya.

balubu.com

Musik tradisional diciptakan sejak berpuluh-puluh atau bahkan beratus tahun yang lalu dan diwariskan secara turun temurun. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, musik tradisional juga dapat dipakai sebagai sarana pengobatan atau sarana komunikasi antara manusia dengan Sang Pencipta.

Itulah beberapa genre musik yang berkembang di Indonesia. Selain keempat jenis musik di atas, tentu masih banyak jenis musik lainnya yang juga berkembang di Indonesia.

Ngomong-omong, pernahkah kamu bayangkan, meriahnya berbagai genre musik disatukan dalam suatu acara musik yang besar?

Kalau kamu penasaran, yuk datang segera ke Synchronize Fest 2018 Bukalapak! Acaranya dihelat tanggal 5—7 Oktober 2018 di Gambir Expo Kemayoran. Acara ini bakal seru banget, karena itu jangan sampai kehabisan tiket Synchronize Fest 2018 Bukalapak, ya!

Digdaya terus, musik Indonesia!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *