Inilah Cara Memilih Raket Badminton yang Tepat dan Berkualitas

Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang banyak diminati oleh para masyarakat dari mulai anak-anak, remaja sampai dengan dewasa sekalipun. Dalam melakukan kegiatan badminton banyak item yang perlu dipersiapkan salah satunya adalah raket. Anda tidak bisa memilih raket yang sembarangan, karena dapat dipastikan bahwa raket yang Anda gunakan itu menentukan hasil dari permainan yang Anda lakukan. Walaupun memang tidak sepenuhnya berpengaruh, tetapi hampir 50% dipengaruhi oleh item tersebut.

Meskipun Anda telah membeli raket dengan kualitas bagus tetapi jangan berharap juga bisa melakukan permainan seperti atlet professional, karena itu kembali lagi pada ketrampilan Anda. Setiap raket mempunyai karakteristik yang berbeda-beda mulai dari bahan pembuatan, berat, kenyamanan, sampai dengan harga yang berbeda. Dipasaran sendiri dapat ditemukan jenis raket yang dijual dari mulai harga murah sampai dengan yang mahal sekalipun. Jadi harus disesuaikan dengan tingkat kemampuan Anda juga, masih pemula atau sudah setara profesional.

Nah, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan raket adalah sebagai berikut:

  • Berat raket.

Para produsen raket sendiri umumnya membagi raket dalam beberapa karakteristik berat mulai dari yang ringan sampai dengan yang berat. Untuk jenis raket yang mempunyai berat yang lebih besar dapat disebut juga dengan raket power. Raket tersebut biasanya sangat cocok digunakan untuk para pemain yang mempunyai pergelangan tangan yang kuat. Karena saat digunakan raket power akan menghasilkan momentum yang lebih ketika diayunkan jadi memberikan power yang lebih.

  • Titik keseimbangan.

Kemudian hal kedua yang perlu Anda pertimbangkan dalam pembelian raket adalah titik keseimbangan, ini juga akan berpengaruh pada baik buruknya permainan badminton Anda. Dalam pertimbangan saat membeli juga kembali pada kebutuhan Anda yang menginginkan jenis raket power atau yang mempunyai berat lebih ringan.

Lihat juga beberapa perlengkapan lain nya untuk bermain badminton. Baca saja di tokolahraga.com

  • Kekuatan batang raket.

Bukan kejadian yang tidak mungkin saat melakukan pertandingan bulu tangkis raket Anda patah dibagian batangnya. Makanya untuk meminimalisir hal tersebut Anda harus memilih jenis raket yang benar-benar kuat. Untuk membuktikannya Anda bisa membengkokkan, tetapi perlu berhati-hati jangan sampai praktek Anda menjadi petaka dalam toko tersebut.

  • Bentuk dan ukuran bingkai raket.

Yang terakhir adalah melihat dari bentuk maupun ukuran pada bingkai raket, umumnya memang berbentuk oval atau hampir menyerupai persegi. Keduanya mempunyai karakteristik yang berbeda saat digunakan.

Dari beberapa pertimbangan diatas Anda bisa menemukan raket mana yang pantas dan tepat digunakan dalam melakukan permainan atau pertandingan bulu tangkis. Sangat disarankan jangan pernah fokus pada harga suatu barang, karena jaman sekarang ini harga tidak bisa menjadi patokan. Lihat saja dari kualitas barang yang dapat berpengaruh dari kualitas permainan badminton yang akan Anda lakukan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *