P4: Perlengkapan Penunjang Mendaki Gunung

Masih ingatkah Anda dengan film 5 cm yang dalam salah satu bagian filmnya mengambil lokasi di Gunung Mahameru? Film ini nyatanya menginspirasi muda mudi Indonesia untuk melakukan kegiatan mendaki gunung demi menikmati keindahan ciptaan Tuhan dari puncak ketingggian.

Perlengkapan Penunjang Mendaki GunungMendaki gunung sebenarnya adalah sebuah kegiatan olahraga yang cukup berat dan mensyaratkan kondisi tubuh pendaki yang prima. Berbeda dengan olahraga yang lain, mendaki gunung dilakukan di tengah alam terbuka yang liar, sebuah lingkungan yang sesungguhnya bukan habitat manusia. Pendaki yang baik akan menyadari adanya bahaya yang kemungkinan menghadang dalam proses pendakian misalnya suhu udara dingin, hembusan angin yang membekukan, kondisi hujan tanpa tempat berteduh, kecuraman permukaan yang dapat menyebabkan orang tergelincir serta risiko tergores batu-batuan.

Sebelum melakukan pendakian, Anda melakukan persiapan fisik seperti melakukan kegiatan olahraga yang mengutamakan kekuatan dan daya tahan tubuh. Tidak hanya itu, Anda juga harus membekali diri dengan berbagai perlengkapan yang menunjang Anda selama pendakian. Berikut beberapa alat yang sebaiknya Anda siapkan:

1. Perlengkapan jalan
Bekali diri Anda dengan sepatu yang sesuai untuk mendaki gunung dan pakaian yang sesuai untuk digunakan di cuaca panas maupun dingin, juga yang berbahan tidak mudah robek namun mudah kering. Bawa juga obat obatan pribadi untuk menjaga diri Anda tetap dalam kondisi prima.

2. Perlengkapan tidur
Berada di alam terbuka tentunya Anda tidak akan menemukan lokasi yang aman untuk beristirahat. Sebaiknya Anda membawa perlengkapan tidur seperti sleeping bag atau matras dan tenda yang akan melindungi Anda dan barang bawaan Anda selama beristirahat.

3. Perlengkapan masak & makan
Bekal makanan yang Anda bawa tentu tidak akan bertahan lama. Oleh karena itu sebaiknya Anda membawa perlangkapan masak seperti alat masak lapangan, alat pembuat api, sendok & garpu, serta kantong air. Bawa juga bahan makanan yang mudah diolah seperti nasi, mie, dan lain-lain.

4. Perlengkapan pendakian
Guna mempermudah Anda selama proses pendakian, bawalah alat alat penunjang seperti tali, sarung tangan, kompas, pisau pinggang, dan peta. Perhatikan faktor cuaca dan juga jarak tempuh serta waktu yang dibutuhkan untuk pendakian sampai puncak hingga kembali.

Nah, ingin tahu di mana Anda dapat membeli berbagai perlengkapan tersebut? Kunjungi saja bukalapak.com. Di sini tersedia ribuan toko online yang menjual alat olahraga yang pasti akan Anda butuhkan. Selamat menikmati alam dari ketinggian ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *