Tips Membeli Mainan Untuk Anak

CelenganBagi anak bermain merupakan kegiatan yang menyenang merupakan proses belajar yang penting dalam fase tumbuh kembangnya. Usia anak sebelum sekolah maka waktu banyak dibahiskan untuk bermain. Biasanya hal yang dilakukan kita selaku orangtua adalah dengan membelikan mainan untuk menemani buah hati kita ketika bermain. Perlu anda ketahui sebagai orangtua sebelum membeli mainan, sebaiknya perhatikan beberapa hal berikut ini agar mainan yang kita berikan bisa memberikan manfaat yang mendukung tumbuh kembang dan kecerdasan anak anda.

Hal yang perlu orangtua ketahui ketika membeli mainan untuk anak adalah pikirkan apa manfaat dari mainan tersebut untuk anak tercinta. Buat anak-anak bermain merupakan sarana belajar, melalui proses pengalaman yang didapat ketika mereka bermain, yang melibatkan segala macam aspek seperti indera, bahasa, sosial dan kognitif anak. Karena begitu pentingnya peranan mainan, sebaiknya orangtua jangan mudah membelikan mainan untuk buah hatinya dengan alasan agar anak senang. Berikut yang orangtua harus ketahui apa saja yang perlu diperhatikan saat membeli mainan untuk anak.

  • Berikan mainan sesuai usianya karena kebutuhan anak akan mainan setiap usia pastinya berbeda-beda. Yang perlu diingat adalah memberikan mainan bukan hanya untuk kesenangan tetapi juga sebagai proses belajar. Seperti, berikan mainan yang lebih banyak menonjolkan suara, warna dan merangsang penglihatan untuk usia anak di bawah enam bulan.
  • Selanjutnya orangtua mecoba untuk mencari informasi mengenai mainan yang sudah dibeli bagaimana cara memainkannya, jangan sampai sudah membeli tetapi tidak tahu cara memainkannya.
  • Pastikan tujuan dari membeli mainan tersebut. Saat ingin membeli pastikan mainan itu bisa membatu untuk merangsang motorik kasar dan halus anak anda.
  • Selain itu yang patut menjadi perhatian anda pastikan bahan atau material dari mainan yang dibeli tidak membahayakan kesehatan anak.
  • Mainan harus bisa menarik perhatian anak dan mengandung unsur belajar. Jangan sampai memilih mainan yang tidak menumbuhkan minat atau perhatian anak karena bentuk atau warna yang tidak disenangi anak. Selamat mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *