Tips yang Bisa Anda Terapkan Agar Nyaman Saat Bermain Badminton

Olahraga badminton atau bisa disebut sebagai bulutangkis tentunya sangat dikenal oleh masyarakat, Anda pun demikian. Sebab melalui cabang olahraga inilah Indonesia di tahun 80-an sampai 90-an berhasil menyabet banyak medali emas di perhelatan Sea Games. Sebagai salah satu jenis olahraga yang fenomenal tentunya memberikan banyak daya tarik bagi masyarakat untuk ikut menikmatinya. Sistemnya seperti sebuah permainan, sebab masuk kategori permainan olahraga dan memiliki beberapa aturan untuk bisa mencetak skor setinggi-tingginya di dua sampai tiga ronde

Tips Nyaman Bermain Bulutangkis

Olahraga satu ini kemudian tidak hanya dinikmati kalangan atlet saja melainkan juga masyarakat luas karena mudah dilakukan. Perlengkapan yang dibutuhkan pun dengan mudah bisa didapatkan, maka usahakan bermain sebaik mungkin karena dampaknya baik bagi kesehatan. Beberapa tips berikut bisa meningkatkan kenyamanan selama bermain bulutangkis:

  • Gunakan sepatu yang tepat,

Karakter lapangan untuk olahraga bulutangkis memang khas, meskipun tetap aman dinikmati di tengah lapangan berumput maupun lapangan basket. Supaya aman dan nyaman jangan sampai salah memilih sepatu tanyakan ke penjual sepatu yang khusus untuk bulutangkis, sebab butuh kegesitan bergerak selama bermain.

  • Pakaian yang digunakan khusus untuk bulutangkis,

Olahraga seperti badminton menuntut penikmatnya untuk aktif bergerak bahkan bisa mengitari lapangan sejak detik pertama bermain. Berpeluh atau berkeringat dalam jumlah banyak dipastikan akan dialami maka jangan sampai keliru dalam memilih pakaian. Idealnya pakaian yang digunakan memiliki bahan mirip jersey sepakbola atau futsal, tingkat ketebalannya pas dan berpori. Sehingga meski berkeringat banyak setidaknya tetap merasa sejuk karena tidak terasa gerah sebab aliran udara berjalan dengan baik.

  • Nikmati sesuai kapasitas tubuh,

Berolahraga memang baiknya dilakukan secara rutin supaya manfaatnya semakin terasa, yakni tubuh semakin bugar dan perlahan bentuk tubuh semakin menarik. Namun rutin disini bukan berarti perlu dilakukan sampai berjam-jam terlebih untuk olahraga bulutangkis yang membuat pelakunya banyak bergerak. Rutin pun baiknya disesuaikan kapasitas tubuh, jika memang sudah merasa lelah baiknya berhenti supaya tubuh tidak drop dan mengalami kelelahan yang sangat. Olahraga rutin selama sekian menit sudah cukup memberi manfaat lebih, jadi tidak usah berlebihan.

  • Baiknya pilih waktu pagi atau sore hari,

Waktu yang tepat akan membantu menikmati bulutangkis ini secara maksimal, pastikan tubuh dalam kondisi yang bugar pula. Memaksakan diri berolahraga namun kondisi badan terbilang tidak fit bisa memperbesar resiko cedera dan bukannya semakin sehat malah sebaliknya. Idealnya bermain bulutangkis dilakukan di waktu pagi maupun sore hari sehingga tidak bermasalah dengan cuaca yang terik. Selain itu waktu ini tentunya membuat Anda bebas dari jam kantor, apalagi kalau badminton dilakukan di akhir pekan maka akan jauh lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *