5 Jenis Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat

Pernah nggak, sih, kamu merasa kesal karena macam-macam jajanan pasar yang kamu beli seolah cepat habisnya? Rasanya kamu baru saja mencoba satu buah, tapi kok mendadak sudah habis tak bersisa. Padahal uang yang kamu gunakan untuk membeli camilan tersebut tidak sedikit jumlahnya. Daripada kesal, bagaimana kalau kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah? Jangan khawatir! Karena sebenarnya ada banyak sekali jajanan pasar yang mudah dibuat. Jadi jangan ragu-ragu mencari beberapa resepnya, seperti resep kue cubit, kue lumpur, ataupun kue pukis, ya!

Nah, berikut ini adalah beberapa resep dari berbagai macam jajanan pasar yang mudah dibuat. Langsung aja disimak, yuk!

1. Kue Pukis

Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat - Oukis

Sumber: Instagram – ayudiahrespatih

Pukis merupakan salah satu jajanan pasar yang mudah dibuat dan banyak dicari. Hal ini dikarenakan pukis tidak memerlukan tahap pembuatan yang merepotkan. Belum lagi pilihan topping-nya yang bisa kamu pilih sendiri sesuai selera.

Untuk membuatnya, hanya diperlukan adonan yang terbuat dari telur, gula pasir, tepung terigu, dan santan. Adonan tersebut kemudian dituang ke dalam cetakan lalu dipanggang hingga matang. Tambahkan topping sesuai dengan seleramu dan kue pukis pun bisa kamu nikmati.

2. Nagasari

Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat - Nagasari

Sumber: Instagram – stella.anna.12

Kalau kamu lebih menyukai produk olahan pisang, nagasari bisa menjadi pilihan. Camilan yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu, santan, dan gula ini biasanya menggunakan jenis pisang raja sebagai isiannya.

Setelah memasak adonan tepungnya hingga kental, letakkan di atas daun pisang bersama pisangnya. Balutkan daun pisangnya hingga menutupi semua adonannya, lalu kukus hingga masak. Setelah itu nagasari pun sudah bisa langsung dinikmati.

3. Kue Cubit

Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat - Kue CubitKue berukuran kecil-kecil ini termasuk jajanan pasar yang cukup populer. Bahan kue cubit yang sederhana pun bisa menjadikannya camilan yang mudah dicoba sendiri di rumah.

Pada dasarnya, bahan utama camilan ini adalah susu cair dan tepung terigu. Setelah dicampur rata dengan bahan-bahan lainnya, kamu bisa langsung memasukkan adonannya ke dalam cetakan. Masak sampai tingkat kematangan yang sesuai selera. Kue cubit pun bisa kamu nikmati.

4. Kue Lumpur

Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat - Kue Lumpur

Sumber: Instagram – dapur.mikidit

Camilan yang lembut, wangi, dan gurih ini bisa dibilang cukup mengenyangkan. Bahkan kamu bisa memodifikasi bahan utamanya sedemikian rupa sesuai dengan seleramu. Bisa menggunakan kentang ataupun labu kuning, yang jelas kamu harus mengukus bahan utama tersebut hingga empuk terlebih dahulu.

Cara membuatnya adalah dengan menghaluskan bahan utama yang sudah kamu kukus sebelumnya. Kemudian campur dengan telur dan gula lalu aduk rata. Setelah itu tambahkan mentega yang sudah dicairkan dan terigu, lalu aduk kembali hingga rata. Terakhir tambahkan santan lalu sesuaikan kekentalannya dengan seleramu.

Panaskan cetakan kue lumpur, tuang adonan ke dalamnya dan tutup. Masak menggunakan api kecil hingga adonan matang. Angkat dan sajikan hangat-hangat.

5. Putu Mayang

Jajanan Pasar yang Mudah Dibuat - putu Mayang

Sumber: Instagram – fithrotal_chaq

Kalau kamu ingin jajanan pasar yang memiliki kuah, putu mayang adalah pilihan yang paling tepat. Apalagi cara membuatnya tidak terlalu susah.

Masak tepung beras, gula, garam, dan santan menggunakan api kecil sambil diaduk hingga menggumpal. Angkat, lalu tambahkan tepung sagu dan aduk sampai rata. Bagi adonan menjadi tiga bagian dan beri pewarna sesuai selera.

Masukkan adonan pada cetakan putu mayang, lalu pindahkan ke daun pisang yang sudah diolesi minyak goreng. Kukus di atas api sedang selama kurang lebih 2o menit, angkat.

Untuk kuahnya, masak gula merah yang susah disisir halus, gula pasir, santan, daun pandan, dan garam. Aduk-aduk terus adonan tersebut hingga mendidih. Angkat dari api, lalu saring. Putu mayang pun sudah bisa disajikan hangat-hangat.

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *