Dampak Buruk Munculnya Kebiasaan Baru Masyarakat dengan Gaya Hidup Modern

Gaya hidup merupakan suatu gambaran dari sikap, perbuatan, perilaku, kebiasaan setiap individu dalam keseharian. Dijaman yang terus maju seperti sekarang ini banyak remaja yang muncul dengan kebiasaan baru yang dapat dikatakan itu merupakan salah satu ciri masyarakat dengan gaya hidup modern atau lebih kekinian. Sebenarnya hal ini sah-sah saja karena mengingat manusia merupakan makhluk yang harus berkembang sebebas-bebasnya dalam melakukan kehidupannya. Namun, yang perlu diingat dalam melakukan gaya hidup yang lebih modern adalah manusia mempunyai kelemahan yang dapat berubah sebagai ancaman, godaan atau cobaan dalam kehidupan.

Sebenarnya perubahan kebiasaan manusia yang lebih modern itu lebih baik, karena manusia mampu menjadi pribadi yang dapat menghargai perubahan, menerima hal baru, lebih mengutamakan ilmu pengetahuan dan juga teknologi. Tapi tahukah Anda bahwa sebenarnya banyak bentuk gaya hidup kekinian yang dapat menjadi dampak buruk dalam lingkungan. Nah, berikut ini beberapa bentuk gaya hidup yang lebih modern dalam lingkungan yaitu:

  • Status yang utama.

Hal ini sangat terlihat jelas pada masyarakat jaman sekarang yang lebih mengutamakan mengenai status sosial. Hal ini ditandai dengan berbagai penampilan yang sangat berbeda jauh dari masyarakat terdahulu, misalnya penggunaan baju, penggunaan gadget, penggunaan mobil mewah dan lain sebagainya. Hal ini dapat dijadikan salah satu masalah besar dalam pergaulan di masyarakat pada umumnya.

  • Jalan-jalan.

Mempunyai kegiatan mobilitas yang lebih tinggi merupakan salah satu contoh manusia dengan gaya hidup modern masa kini. Misalnya pagi di Singapura, siang sudah di Jakarta dan malamnya ke Bali. Hal tersebut dilakukan bukan karena sesuatu yang penting saja seperti pekerjaan, karena tidak sedikit masyarakat modern yang rela keluar negeri hanya untuk berbelanja.

  • Kebiasaan nongkrong.

Kenapa bisnis kuliner sekarang ini lebih maju, karena itu merupakan salah satu ciri kebiasaan baru manusia yang muncul akibat perubahan jaman. Bukan lagi berdiam diri dirumah, orang modern lebih suka menghabiskan waktu dengan nongkrong di cafe-café atau segala aktivitas yang tidak semuanya bermanfaat.

  • Serba instan.

Bentuk gaya hidup kekinian yang dapat dilihat secara jelas adalah kemunculan berbagai hal yang bisa didapatkan secara instan. Jadi dapat dikatakan ini merupakan salah satu bahaya dari perilaku modern, orang lebih cenderung memilih jalan pintas untuk dapat melakukan segala sesuatu supaya dapat segera mencapai tujuan.

Sebenarnya memang tidak semua perilaku baru pada jaman sekarang ini menimbulkan dampak buruk, tetapi memang karena semua kebiasaan condong ke masalah mencari keuntungan secara pribadi jadi banyak orang yang mempunyai pandangan buruk. Maka dari itu baik atau buruknya dari gaya hidup modern sekarang ini kembali lagi kepada individunya. Sebagai orang tua tetap harus menghimbau anaknya supaya tetap dapat membatasi diri dengan adanya perubahan-perubahan baru yang muncul.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *