Inilah Gaya Hidup Modern yang Tidak Sehat dan Banyak Dilakukan Kaum Urban

Perkembangan teknologi yang maju saat ini menjadikan kemudahan dan kepraktisan menjadi hal yang amat diunggulkan. Tak heran jika masyarakat di era modern saat ini lebih senang memilih segala hal yang mudah. Memang kemudahan ini banyak memberikan manfaat, meski begitu tak jarang justru karena saking mudahnya, gaya hidup modern ini justru mendorong kepada hal yang tidak sehat.

Meski tidak bisa dipukul rata jika semua kaum urban dan yang menganut paham modernisasi merupakan gaya hidup yang tidak sehat, namun bisa dibilang jika mayoritas memang demikian. Cobalah lihat kembali berapa banyak penyakit yang menjangkit masyarakat dunia modern mulai dari diabetes, obesitas, jantung hingga kanker dan penyakit berbahaya lain dimana semua penyakit tersebut sangat jarang terjadi tempo dulu. Oleh karena itu ada baiknya mengubah semua kebiasaan buruk yang memberi efek buruk pada kesehatan ke kebiasaan baik mulai dari sekarang.

Berikut ini beberapa gaya hidup modern yang banyak dilakukan oleh masyarakat urban zaman sekarang:

  • Tidur larut malam

Menderita insomnia mungkin bukan hal yang unik lagi di zaman seperti ini. Insomnia sendiri banyak sekali pemicunya mulai dari stres, tuntutan pekerjaan, terlalu lelah, tak ada waktu istirahat, makan kurang sehat dan lain sebagainya. Akhirnya penderita pun tidak bisa tidur semalaman yang menjadikan waktunya digunakan untuk aktivitas lain misalnya nonton TV hingga pagi sampai bahkan makan terus menerus yang menjadikan obesitas mengincar.

  • Bangun kesiangan

Karena alasan insomnia hingga pagi, tak heran jika baru jam 2 atau 3 pagi penderita baru bisa melelapkan matanya sejenak. Namun karena singkatnya waktu, maka tak heran jika bangun pun jadi kesiangan. Bangun kesiangan jadi kebiasaan yang amat buruk dan bahkan penelitian menunjukkan jika mereka yang kerap bangun kesiangan bisa beresiko menderita kanker hati.

  • Tidak sarapan pagi

Karena bangun kesiangan atau tidak sempat, maka sarapan pagi pun dilewatkan. Meskipun seolah tidak ada efeknya, namun sebetulnya tidak sarapan pagi ini bisa menjadikan pelakunya kurang fokus sehingga tidak bisa berkonsentrasi pada apa yang dikerjakannya.

  • Banyak makan junk food

Makanan siap saji memang gurih, lezat dan murah. Namun Anda perlu tahu jika makan junk food juga tak baik untuk kesehatan. Tingginya garam, minyak dan juga pengolahan yang tak baik menjadikan resiko kesehatan pun kian mengintai.

Itulah beberapa kebiasaan kaum urban masa kini. Gaya hidup modern yang serba instan dan cepat kadang menuntut masyarakat untuk bisa gerak cepat dan sigap. Meski begitu, jangan lupa akan kesehatan. Tetaplah makan makanan sehat, tidur cukup, banyak minum air putih dan pastikan untuk banyak bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *