Mulai Gaya Hidup Sehat Secara Mudah dan Tepat dengan Cara Ini!

Masalah kesehatan yang mengglobal dan serius kerapkali menjadi permasalahan yang amat sulit diterka. Namun perlu diketahui jika semua masalah kesehatan itu sebetulnya adalah berasal dari sebab yang hampir sama yakni kurang aktivitas fisik serta dengan konsumsi makanan tidak sehat. Dengan makanan olahan yang meningkat hingga masyarakat yang ingin segalanya serba cepat menjadikan gaya hidup yang dijalani pun cenderung tidak sehat. Padahal gaya hidup sehat adalah modal investasi kesehatan di masa depan.

Menerapkan gaya hidup yang sehat butuh komitmen yang kuat dan pastinya untuk jangka panjang. Memang jika mengawalinya akan merasakan banyak sekali tantangan dan kesulitan. Meski begitu, Anda bisa menjadikan cara berikut ini sebagai panduannya:

  • Mengetahui status dari kesehatan tubuh Anda sebenarnya

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan lebih dulu sebelumnya sehingga Anda tahu benar tentang kondisi kesehatan Anda yang sebenarnya. Anda juga harus tahu indeks masa tubuh sehingga bisa mengetahui apakah tubuh Anda dalam kondisi yang ideal atau tidak sehingga perawatan atau pola hidup lebih lanjut bisa disesuaikan lagi.

  • Membenahi pola makan

Selanjutnya adalah dari segi pembenahan pola makan. Anda bisa mulai dengan membuat catatan tentang makanan apa yang dikonsumsi pada hari ini. Membuat daftar ini bertujuan agar Anda bisa mengetahui benar apa yang Anda makan di hari tersebut. Setelah daftar selesai, selanjutnya tinggal berbenah tentang apa yang Anda asup itu. Tinggalkan makanan junk food, gorengan dan soda dan mulai dengan pola makan sesuai gaya hidup sehat.

Baca Juga: Tips Menjalankan Gaya Hidup Sehat, Awet Muda dan Terbebas dari Berbagai Penyakit

  • Tambah aktivitas fisik

Dua setengah jam perminggu merupakan waktu yang dianjurkan untuk orang dewasa minimal beraktivitas fisik atau olahraga. Oleh karena itu Anda harus komitmen pada diri dengan beraktivitas fisik lebih sering. Untuk pemula, maka Anda bisa mulai dengan olahraga dua kali perminggu dan nantinya ditambah intensitasnya sesuai kekuatan.

  • Perhatikan waktu tidur

Buat jadwal untuk tidur Anda. Matikan komputer, TV dan ponsel jelang waktu tidur sehingga bisa segera tidur nyenyak. Namun jika memang sulit untuk tidur, maka bisa juga mengusahakan dengan mandi air hangat, minum teh hangat atau buat pikiran lebih rileks lebih dulu.

Gaya hidup sehat tak semata tentang ragawi juga, namun juga rohani. Oleh karena itu mulailah untuk menyisihkan waktu untuk meditasi dan merenungi diri sendiri. Jangan lupa beri waktu diri sendiri sesekali sehingga bisa mengenal diri lebih dalam. Sosial juga amat penting sehingga Anda pun harus bisa menyesuaikan atau memaksimalkan hubungan dengan orang lain sehingga pikiran kian tenang. Menjalankan gaya hidup yang sehat akan memberikan banyak keuntungan jangka panjang pada Anda mengingat investasi terbesar adalah pada kesehatan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *