Tips Belanja Hemat Saat Diskon Yang Bisa Anda Jadikan Rem Membeli Barang Yang Tidak Penting

Cara belanja hemat salah satunya adalah dengan menunggu program diskon. Mendapatkan barang bermerk dengan harga yang murah tentu menjadi keinginan banyak orang. Namun banyak juga yang tujuan belanja saat diskon untuk berhemat, namun kenyataannya malah membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan karena tidak bisa mengendalikan diri untuk membelinya. Tips belanja berikut ini bisa dijadikan pegangan jika berhadapan dengan program belanja diskon.

Program Belanja Diskon

Program diskon tidak hanya ada di mall, swalayan atau toko konvensional saja, banyak situs jual beli online/ toko online yang membuat program diskon. Biasanya program diskon diselenggarakan dalam rangka menyambut hari-hari istimewa, contohnya: menjelang hari raya Idul Fitri, natal, tahun baru, libur sekolah atau saat menjelang imlek (tahun baru Cina). Dengan adanya program tersebut dijadikan kesempatan masyarakat untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan dengan harga yang murah.

Tips Cerdas Belanja Diskon

Belanja cerdas sangat dibutuhkan saat menghadapi program diskon, karena jika tidak Anda tidak akan dapat menahan keinginan untuk berbelanja. Biasanya godaan paling besar saat menghadapi diskon adalah keinginan untuk memiliki barang yang harganya jauh lebih murah dari harga normal. Padahal barang tersebut fungsinya tidak begitu penting. Agar terhindar dari hal tersebut, ikuti tips belanja cerdas berikut ini.

  • Perhatikan kondisi barang

Saat diskon tiba kadang dijadikan kesempatan penjual untuk mengambil keuntungan dari barang yang kondisinya cacat. Biasanya barang tersebut dicampur dengan barang yang lain. Jadi sebelum membeli, pastikan kondisi barang tersebut. Perhatikan seluruh bagian barang, apakah terdapat sobekan, benang terurai jika barang terbuat dari kain atau apakah ada celah jika barangnya terbuat dari kaca, melamin dsb. Jadi, pastikan Anda memeriksa barang dengan seksama.

Baca juga: Peluang Sukses Di Dunia Bisnis Online Yang Wajib Diketahui Oleh Para Pembisnis Pemula

  • Belanja saat waktu santai

Belanja pada waktu diskon membutuhkan banyak waktu dan energi. Apalagi ternyata banyak pengunjung yang sama-sama belanja. Belanja pada waktu luang lebih leluasa memeriksa dan memilih barang. Apalagi biasanya barang-barang diskon ditempatkan di rak yang digabungkan dengan barang-barang lainnya.

  • Jangan bawa anak kecil

Membawa anak saat belanja memang menyenangkan tapi jika Anda sekiranya bakal sibuk mencari barang sebaiknya tidak membawa anak. Karena biasanya anak-anak akan minta perhatian lebih jika ibunya sedang fokus ke satu hal. Lagipula kasian jika bawa anak-anak belanja saat diskon, banyaknya pengunjung yang berdesak-desakan kadang membuat anak tidak nyaman dan rewel.

  • Membeli Barang Yang Dibutuhkan

Salahsatu pertanyaan yang akan Anda keluarkan pada saat berhadapan dengan barang yang sedang didiskon adalah apakah membutuhkan barang itu atau tidak. Pastikan barang yang Anda beli adalah barang yang dibutuhkan bukan barang yang diinginkan.

Dengan adanya program diskon bisa membantu mendapatkan barang dengan harga murah. Tapi ada baiknya tetap berhati-hati dan bijak dalam belanja, caranya bisa ikuti tips belanja yang sudah kita bahas. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *