Home Gadget Mengapa Banyak Orang  Beralih pada Speaker Bluetooth?

Mengapa Banyak Orang  Beralih pada Speaker Bluetooth?

by Erin Nuzulia
speaker bluetooth

Sebagai pengetahuan umum, speaker merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mengeluarkan suara. Suara yang dihasilkannya berasal dari pemrosesan sinyal sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara). Terdapat beberapa jenis speaker, dan salah satunya adalah speaker bluetooth.

Speaker sendiri terdapat dua kategori, yakni speaker aktif dan juga speaker pasif. Speaker aktif sendiri sejenis speaker yang memiliki PA atau disebut dengan power amplifier yang berada dalam satu box dengan speakernya.

Sedangkan atas speaker pasif, adalah speaker yang belum memiliki atau terdapat power amplifier (PA) di dalamnya, sehingga membutuhkan PA tambahan agar speaker tersebut berfungsi.

speaker bluetooth

Adapun beberapa jenis, ukuran, bentuk, dan rentang frekuensi yang dapat dihasilkan dari sang speaker, adalah sebagai berikut:

Mengapa Banyak Orang  Beralih pada Speaker Bluetooth?

  • Woofer

Memiliki frekuensi antara 60 hz hingga diatas 250 hz. Speaker ini memang menghasilkan suara yang memiliki frekuensi rendah, atau lebih dikenal dengan bass yang tidak terlalu dominan.

Ukurannya mulai dari 4 inch, dan masih banyak ukuran lainnya bergantung pada kebutuhan penggunanya.

  • Subwoofer

Adalah speaker yang memang di desain khusus untuk menghasilkan frekuensi yang sangat rendah, hanya berkisar antara 20 hz hingga 200 hz saja.

Untuk ukurannya antara lain 10 inchi, 12 inchi, dan 15 inchi.

  • Midbass/Midwoofer

Yang akan menghasilkan suara pada rentangan frekuensi antara 80 hz hingga 350 hz. Ukurannya juga tidak terlalu besar, hanya 5-7 inchi saja.

  • Tweeter

Speaker ini menghasilkan rentangan frekuensi yang sangat tinggi, yakni antara 3500 hz hingga 20 khz. Namun, kemampuan hasilnya ini berbanding terbalik dengan ukurannya yang kecil, hanya 4 inch yang sudah termasuk paling besar.

  • Midrange

Ukurannya hampir sama dengan tweeter hanya sekitar 3-4 inch. Namun suara yang dihasilkan memanglah lebih fokus dan jelas, sebab memiliki frekuensi tinggi yang baik antara 350 hz – 4500 hz.

  • Fullrange

Disebut sebagai fullrange karena memang dapat menghasilkan suara di rentang semua frekuensi.

Baca Juga:   7 Router Wifi Terbaik dan Tercepat

Sejak kemunculannya, memang banyak orang yang lebih memilih speaker bluetooth. Karena memang dinilai dari segi ekonomis dan efisiensi dayanya.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang dimilikinya.

speaker bluetooth

Mengapa Banyak Orang  Beralih pada Speaker Bluetooth?

  1. Speaker Portable

Dikenal portable memanglah merupakan yang dapat dengan mudahnya terhubung pada perangkat. Speaker wireless sendiri dapat memberikan portabilitas baik dengan jumlah yang tinggi.

Selama Anda menjaga jangkauan dan receivernya sesuai jarak, speaker akan tetap stabil. Ia juga dapat diletakkan pada luar ruangan ataupun dibawa bepergian.

  1. Sifatnya Wireless

Tentunya manfaat dari wireless sendiri adalah dengan tidak adanya banyak kabel yang mungkin membentang. Sehingga kenyamanan akan menangani dan juga terlihat lebih simple untuk Anda yang senantiasa aktif beraktivitas.

  1. Efisiensi Daya

Salah satu keunggulan dari speaker bluetooth ini adalah hemat daya. Hanya menggunakan daya yang rendah namun dapat menghasilkan kualitas suara yang tinggi.

Hingga speaker ini juga disebut sebagai produk ramah lingkungan yang juga dapat menghemat tagihan listrik Anda.

  1. No instalation

Ya, selain dengan kemudahan tanpa kabel. Speaker jenis ini tak memiliki keharusan untuk melakukan proses instalasi. Hanya disesuaikan secara otomatis saja tanpa ada konfigurasi. Menarik bukan?

  1. Kualitas suara baik

Selain hemat daya, keunggulan lain dari perangkat yang satu ini dapat membuat Anda terkesan. Bagaimana tidak, Anda juga akan memiliki pengalaman mendapatkan suara teater dengan ini.

Tentu akan sangat membantu bagi mereka yang juga pecinta musik.

  1. Adanya USB Input dan SD Card Input

Wow, tentu membuat terkesan dengan adanya fitur ini. Anda dapat mendengarkan lagu kesayangan dari flashdisk atau yang lainnya tanpa merasa kesepian.

  1. Harganya yang terjangkau

Dengan banyak toko yang memberikan diskon, tentu tak perlu khawatir lagi dengan harga speaker bluetooth yang selangit. Tenang saja, masih terjangkau kok.

Baca Juga:   Samsung Galaxy A10: Review dan Harga Terkini

Nah, demikian keunggulan dari bluetooth speaker. Semoga membantu ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More