Hindari Cidera Saat Melakukan Pertandingan Sepak Bola dengan Persiapan Ini

Setiap jenis olahraga yang dilakukan tentunya mempunyai kemungkinan cidera pada bagian tubuh entah itu ringan atau parah. Makanya hal yang paling utama sebelum Anda melakukan suatu pertandingan dalam olahraga haruslah melakukan latihan. Seperti pentingnya latihan sebelum bertanding sepak bola, selain dapat mengembangkan skill Anda melakukan latihan juga dalam membuat Anda terhindar dari cidera parah. Selain rutin berlatih, menjaga stamina, kesehatan fisik juga harus dilakukan untuk menghindari hal buruk dalam melakukan pertandingan. Dan untuk mencapai kesuksesan dalam melakukan pertandingan setiap pemain harus mempunyai mental yang kuat sebagai pemenang.

Cidera itu dapat menimpa siapa saja baik itu pemain pemula ataupun pemain professional yang telah mempunyai jam terbang yang tinggi. Tetapi yang membedakan antara pemula dan yang telah professional adalah kesiapan dalam menghadapi pertandingan. Nah, berikut ini hal-hal yang wajib dilakukan sebelum Anda melakukan pertandingan dalam permainan bola besar yaitu:

Baca juga beberapa perlengkapan ketika akan bermain bola agar meminimalisir terjadinya cidera. Lihat selengkapnya di anekajerseybola.com

  1. Sehari sebelum pertandingan lakukan persiapan dengan makan makanan yang mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi serta lemak yang rendah.
  2. Jangan pernah lupakan untuk melakukan jadwal istirahat yang cukup, alangkah baiknya Anda melakukan ini sehari sebelum pertandingan dimulai. Jadi saat tiba pada hari H tubuh Anda akan benar-benar siap bertanding.
  3. Untuk hari H pertandingan perhatikan asupan makanan yang baik, lebih utama Anda mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi kurang lebih 3 atau 4 jam sebelum pertandingan sepak bola dimulai.
  4. Hindari terjadinya dehidrasi yang tinggi selama pertandingan bola berlangsung, konsumsi air mineral atau minuman olahraga yang cukup.
  5. Sebagai tambahan energi yang dibutuhkan Anda bisa memanfaatkan buah pisang atau apel untuk dikonsumsi satu jam sebelum bertanding.
  6. Pemanasan adalah hal penting yang harus dilakukan selain dari pemenuhan kebutuhan energi atau nutrisi tubuh. Renggangkan otot dengan melakukan beberapa gerakan ringan seperti lari kecil, senam, atau lainnya untuk meminimalisir terjadinya cidera berat saat bertanding.
  7. Biasakan untuk selalu tenang dalam melakukan pertandingan, hal ini dapat memupuk kesadaran Anda bahwa persiapan mental itu juga penting. Sekarang bisa dibayangkan sendiri apa yang terjadi jika Anda mempunyai mental yang kurang siap dan melakukan pertandingan ditempat lawan tentunya hasil buruk bisa saja terjadi.
  8. Siapkan item yang dibutuhkan dengan baik mulai dari yang kecil sampai dengan besar seperti sepatu, seragam atau lainnya.

Sangat disarankan sebelum melakukan pertandingan Anda menghindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein ataupun alkohol yang tinggi. Hal itu dapat membuat performa Anda dilapangan sepak bola menjadi berantakan. Kemudian hindari juga melakukan istirahat sampai dengan larut malam untuk menjaga stamina tetap baik dan fit saat tiba waktu pertandingan. Semoga beberapa tips diatas dapat membuat Anda memperoleh hasil pertandingan yang maksimal.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *