Tips Agar Sepatu Futsal Tidak Mudah Jebol

Futsal adalah olahraga atau permainan bola yang dimainkan oleh dua tim yang masing-masing anggota berjumlah 5 orang. Melakukan olahraga futsal tentunya akan mengeluarkan banyak tenaga, termasuk tenaga bagian kaki, sehingga peran dari sepatu futsal ini pun menjadi hal penting yang harus dikenakan setiap kali melakukan olahraga futsal agar kaki tetap terasa nyaman dan dapat melakukan aktifitas futsal dengan sebaik mungkin.

 Tips Agar Sepatu Futsal Tidak Mudah Jebol

Karena banyaknya tenaga yang harus dikeluarkan oleh kaki dalam menendang bola, lari kesana kemari mengejar bola, maka hal inilah yang menjadikan sepatu Anda menjadi lebih cepat rusak. Sedangkan hal yang sering kali terjadi yaitu sepatu mudah sobek atau jebol. Meskipun hal ini sering kali dirasakan hampir semua pemain futsal, namun masih ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar sepatu kesayangan Anda tidak mudah sobek atau jebol, yaitu dengan melakukan perawatan dengan cara yang tepat.

Ada banyak cara yang dapat dilakukan agar sepatu kesayangan Anda mampu bertahan lebih lama meskipun sering kali digunakan untuk bermain futsal, asalkan Anda melakukan perawatannya secara rutin, bahkan untuk melakukan perawatannya pun juga sangatlah mudah, karena Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang, tenaga maupun waktu dalam melakukan perawatan sepatu futsal yang Anda miliki. 

Berikut ini cara melakukan perawatannya:

  • Longgar kan tali.

Setelah Anda selesai menggunakan sepatu, maka sebaiknya Anda menjemurnya atau mengangin-anginkan sepatu terlebih dahulu dan jangan lupa untuk melonggarkan tali sepatu, agar sepatu memiliki sirkulasi udara yang baik, agar sepatu tidak lembab.

  • Hindari mencuci sepatu.

Jika dirasa sepatu Anda tidak kotor sekali, maka Anda dapat untuk mengelapnya saja atau mencucinya menggunakan sikat gigi bekas.

  • Hindari merendam sepatu.

Agar sepatu tetap dalam keadaan yang awet, maka hindari merendam sepatu, karena hal ini akan menjadikan lem pada sepatu tidak memiliki kerekatan yang maksimal.

  • Jangan memasukan kaos kaki basah.

Kaos kaki yang setelah Anda gunakan alangkah baiknya jika Anda langsung mencucinya dan jangan memasukkannya dalam sepatu, terlebih lagi untuk kaos kaki yang basah akibat keringat, karena hal ini dapat menimbulkan jamur pada sepatu dan bau yang kurang sedap.

  • Bawa ke permak sepatu.

Apabila sepatu Anda sobek sedikit, maka Anda dapat untuk menjahitnya di permak sepatu untuk memperkuat sepatu.

Melakukan perawatan pada sepatu futsal memang harus dilakukan secara rutin dan dilakukan dengan cara yang benar, hal ini sangat penting untuk menjaga sepatu Anda agar tetap dalam kondisi yang prima yang mana hal ini juga akan menjadikan kegiatan futsal Anda tetap berjalan dengan baik. Dengan perawatan yang dilakukan dengan baik inilah yang akan menjadikan sepatu Anda tidak akan mudah jebol atau sobek.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *