Harga Mobil Honda All New Brio: Tidak Lagi Sepadan dengan Kualitasnya?

Makin galak! Itulah kesan yang pertama kali dirasakan begitu melihat tampang baru All New Brio. Sesuai spekulasi yang lebih dulu beredar, Honda kini resmi memperkenalkan kendaraan terbarunya itu. Brio yang sebelumnya bertampang imut (namun meraung begitu digas di jalan tol) pun kini semakin sesuai dengan karakter mesinnya: galak!

Sejumlah penyempurnaan Honda lakukan demi membuat All New Brio makin memikat. Namun, hal itu juga menimbulkan konsekuensi berupa “penyesuaian” dalam harganya.

Apa saja penyempurnaan yang bisa kita temui pada All New Brio? Apakah harganya sepadan dengan kualitas yang dijanjikan? Mari kita lihat.

Desain Sporty

Cara paling mudah mengenali All New Brio 2018 dari pendahulunya tentu saja bisa dilakukan lewat memperhatikan penampilan depannya. Sebab, penampakan paling menonjol yang disuguhkan Honda All New Brio memang ada di bagian depan. Tampang city car mungil ini sekarang beda banget dibanding generasi sebelumnya. All New Brio sekarang punya tampilan yang lebih sporty.

Namun, wajah baru All New Brio bukan yang pertama dan satu-satunya. Sebab, Honda menggunakan desain depan Mobilio Facelift pada mobil besutannya ini. Wajar saja, mengingat Brio dan Mobilio berbagi platform mesin yang sama. Bisa dibilang, Honda berhasil “mentransplantasi” wajah Mobilio Facelift pada All New Brio dengan baik. Buktinya, aura sporty sudah bisa dirasakan hanya dengan melihat desain bagian depannya.

Bagian Belakang yang Tidak Lagi Sepenuhnya Kaca

Desain belakang Honda Brio generasi sebelumnya yang cuma mengandalkan kaca hitam sering kali menimbulkan pertanyaan dari para penggunanya. Sebab, desain ini dianggap rapuh (meskipun sebenarnya tampak futuristik). Honda menjawabnya pada All New Brio.

Sebagaimana kendaraan roda empat pada umumnya, produk baru Honda ini kini hadir dengan bagian belakang yang dilengkapi oleh panel. Sebagai konsekuensinya, Honda juga memadukannya dengan desain lampu belakang yang berbeda dengan generasi sebelumnya.

Sebenarnya, agak bingung juga bila harus menyikapi perubahan pada sektor belakang ini. Pasalnya, ubahan ini sedikit banyak mengingatkan kita pada Etios Falco yang sudah almarhum. Mantan pemakai Etios Falco mungkin bisa bernostalgia dengan tampilan belakang All New Brio. Namun, orang-orang yang menganggap bagian belakang itu sebagai sesuatu yang ikonik dari Brio harus menghela napas.

Terlepas dari kebingungan itu, kita harus akui bahwa ubahan pada sektor buritan akan memberikan ruang yang lebih luas pada bagasi All New Brio. Jadi, sisi fungsionalitasnya jelas meningkat.

Tentang Desain Sporty All New Brio: Bikin Imajinasi Liar!

Seperti yang kita ketahui, desain All New Brio membawa misi utama yang jelas: tampil lebih sporty. Lantas, bagaimana jika kita benar-benar “niat” dalam membuat aura sporty All New Brio begitu kuat saat dilihat?

Hasilnya bisa diketahui dari ajang Honda Brio Virtual Modification. Untuk informasi Anda, ini adalah hajatan berupa kompetisi modifikasi dalam bentuk reka digital yang menjadikan Brio sebagai subyeknya. PT Honda Prospect Motor selaku “yang punya hajat”, acara modifikasi virtual ini sudah memberi batasan nan jelas: karya reka digital tetap harus mempertahankan karakter bodi dan logo dari All New Honda Brio. Dengan begitu, para peserta bisa memeras kreativitas mereka demi memaksimalkan potensi desain All New Honda Brio.

Nah, dari 562 karya yang disertakan, dipilihlah 2 orang pemenang. Pemenang pertama ialah Julian Johan dengan karyanya, Brio RS Rally Concept. Selain Julian, ada juga pemenang kategori favorit. Yang meraihnya adalah Nico Ramandhika lewat Brio RS Funkrassive Concept.

Penasaran dengan hasil desain mereka? Beginilah hasil desain keduanya.

Brio RS Rally Concept

Sebagaimana namanya, modifikasi dari Julian Johan terinspirasi dari konsep reli. Maklum saja, perancangnya sendiri merupakan pereli nasional yang sudah aktif di Kejuaraan Nasional Speed Offroad.

Ubahan dilakukan Julian Johan pada sektor kaki. Ukuran ban ia buat jadi lebih besar, tentunya dengan menggunakan velg khas reli. Sektor bumper depan dan belakang juga tak luput dari garapan; diubah jadi lebih sportif. Sementara itu, bodi samping dan atap dimodifikasi dengan penambahan kisi-kisi udara.

Atas nama aerodinamika, spoiler belakang diberi sayap besar. Ini juga sebetulnya berguna untuk membuat tampilan semakin proporsional. Nah, agar aura reli All New Brio semakin kuat, grafis berupa garis-garis merah hitam disematkan. Terdapat pula logo Honda sebagai identitas mobil ini.

Ubahan All New Brio RS Rally Concept tak cuma dilakukan di luar. Agar tema reli semakin kental terasa, interior pun wajib diubah. Julian memberi berbagai rangka besi demi melindungi keselamatan pengendara. Sebagai langkah akhir, lampu kabut di bagian bumper juga dihilangkan. Hasilnya, gelar juara pun disabet Julian.

Brio RS Funkrassive Concept

Inspirasi kedua adalah All New Brio RS Funkrassive Concept karya Nico Ramandhika. Modifikasi satu ini punya ciri khas penuh gaya. Pasalnya, All New Honda Brio didesain dengan fusion dari aliran funky sekaligus agresif. Hasilnya, terciptalah konsep kombinasi funkrassive.

Tema funky dipancarkan dari pewarnaan bodi yang memiliki warna dasar jingga. Lalu, grafis ungu dan kuning ditambahkan mulai dari bagian kap mobil sampai bodi sampingnya demi membuatnya kelihatan mentereng.

Sementara itu, aura agresif dimunculkan melalui penggunaan bumper dan spoiler belakang yang bermotif karbon. Pilihan ini dibuat untuk menunjukkan kesan bahwa mobil ini mampu melaju cepat. Terakhir, penggunaan pelek besar lima palang dipilih untuk mengentalkan aura balap sekaligus membuat sosoknya semakin proporsional.

Konsep Funkrassive rupanya banyak disukai. Tercatat, Nico Ramandhika berhasil menjadi juara favorit dengan mengumpulkan 4.183 likes, mengungguli 10 desain lainnya yang juga terpilih sebagai finalis hajatan Honda ini.

Fitur ABS dan EBD di semua varian

Tak melulu bermain di sektor desain, Honda pun memastikan bahwa All New Brio hadir dengan berbagai fitur keselamatan yang memadai. Perhatian Honda pada fitur keselamatan terbilang serius, sebab pabrikan mobil ini juga memastikan bahwa semua varian All New Brio akan memiliki fitur keselamatan yang sama. Artinya, All New Brio yang masuk kategori LCGC pun akan diberikan dua fitur utama keselamatan ini.

Apa saja kedua fitur keselamatan tersebut?

Fitur keselamatan Honda yang dimaksud yaitu ABS dan EBD. ABS adalah singkatan dari Anti Brake System. Secara sederhana, ABS sendiri berfungsi untuk membuat roda tak terkunci saat pengemudi mengerem terlalu dalam (force brake). Pasalnya, pengereman yang seperti itu justru membuat roda tak bisa dikontrol dan digerakkan, baik ke kiri maupun ke kanan sehingga kita justru sulit menghindari objek tabrak.

Teknologi ABS pertama kali diaplikasikan untuk pesawat terbang agar rodanya tidak selip sehingga rawan tergelincir kala mendarat (landing). Dari dunia dirgantara, teknologi ini kemudian disematkan pada kendaraan di darat, baik roda empat maupun roda dua.

Sementara itu, EBD adalah singkatan dari Electronic Brake-force Distribution. Teknologi yang satu ini mengatur penyebaran rem di setiap ban sesuai dengan kebutuhannya. Sebab, pada beberapa kondisi, setiap roda punya kebutuhan pengereman yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh distribusi (load) muatan di dalam mobil. Dengan menggunakan EBD, pengereman akan lebih mudah karena masalah ban belakang yang sebelumnya tidak maksimal mengerem akibat beban yang bertambah kini teratasi.

Mesin All New Bro

All New Brio masih mengusung mesin yang tak berbeda jauh dengan generasi sebelumnya. Buat segmen LCGC, mobil ini masih menggunakan mesin i-VTEC 4 silinder berkapasitas 1.200 cc dan menjanjikan muntahan daya hingga 92 HP.

Sementara itu, untuk Brio yang tak tergolong LCGC, Honda membekalinya dengan kapasitas mesin mencapai 1.400 cc, yang terbesar di kelasnya. Daya yang dihasilkan mesin tersebut mencapai 100 HP. Mantap, kan?

Soal harga, Honda menerapkan harga Honda All New Brio pada kisaran Rp139 juta (All New Honda Brio S M/T) hingga Rp190 juta (All New Honda Brio RS CVT).

 

Nah, apakah harga mobil Honda All New Brio tidak lagi sepadan dengan kualitasnya? Atau justru harga tersebut “terlalu murah” untuk segenap upgrade yang Honda lakukan?

Anda yang menentukan.

 

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/meluncur-di-giias-2018-ini-5-kelebihan-honda-all-new-brio-44298

Tags:
Warning: Invalid argument supplied for foreach() in /home/berp5361/public_html/wp-content/themes/lustrous/single.php on line 26

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *