Home Blog Serba-Serbi Plakat yang Wajib Kamu Pahami!

Serba-Serbi Plakat yang Wajib Kamu Pahami!

by Erin Nuzulia
Plakat 1

Siapa yang tidak tahu plakat? Plakat adalah sebuah karya seni yang komposisinya terdiri dari gambar dan huruf yang dibuat dengan bahan tertentu. Plakat biasanya digunakan untuk souvenir atau penghargaan dalam berbagai event baik resmi maupun tidak resmi. Tidak harus sebagai souvenir event, plakat juga bisa menjadi kado istimewa untuk orang yang istimewa juga. Harga plakat di pasaran beragam dari yang murah hingga yang mahal sekalipun ada tergantung plakat tersebut dibuat dari bahan apa dan bagaimana tingkat kerumitannya.

Plakat 1

Berikut ini akan dibahas mengenai plakat mulai dari fungsi hingga jenis-jenisnya. Yuk langsung saja kita simak selengkapnya berikut ini.

Serba-Serbi Plakat yang Wajib Kamu Pahami!

  1. Fungsi Plakat

Seperti yang telah dijelaskan tadi bahwa plakat sejatinya tidak memiliki fungsi khusus. Namun sekarang ini, plakat biasanya digunakan sebagai souvenir untuk berbagai acara. Misalnya saja jika kamu mengikuti sebuah seminar, biasanya moderator dan pembicara pada acara seminar tersebut akan diberikan penghargaan di akhir perbincangan sebagai bentuk terima kasih dari panitia atas ketersediaan waktu mereka untuk berbicara di seminar.

Selain itu, biasanya juga plakat diberikan sebagai bentuk penghargaan bagi para juara dalam sebuah perlombaan. Jadi, fungsi plakat di sini bisa dikatakan sebagai piala perlombaan. Bukan hanya itu, ada juga orang yang memberikan plakat untuk hadiah atau ucapan selamat atas pernikahan kerabat dekatnya. Dalam dunia bisnis, bahkan plakat bisa difungsikan sebagai sebuah simbol dari kerja sama.

2. Bahan Baku Plakat

Bahan baku plakat adalah salah satu hal penting dalam pembuatan plakat. Bahan yang digunakan sebenarnya beragam tergantung keinginan pembuat atau juga ketersediaan. Bahan yang digunakan untuk membuat plakat biasanya akrilik. Tentu saja bahan akrilik ini paling sering digunakan dalam pembuatan plakat, karena bahan akrilik ini juga bisa dikatakan memiliki tingkat pembuatan yang mudah untuk plakat. Selain itu ada juga plakat yang berbahan marmer. Biasanya penggunaan bahan yang satu ini akan menghabiskan budget lebih besar dibandingkan bahan lainnya.

Baca Juga:   Menyelami Redmi Note 7 yang Banyak Diburu Masyarakat

Selanjutnya bahan kaca. Kaca memang media paling umum yang sering digunakan untuk membuat plakat, namun meski begitu, plakat kaca sangat rentan pecah sama seperti marmer. Namun hal ini bisa diantisipasi dengan menambahkan case untuk plakat dengan bahan yang tebal dan aman.

Bahan selanjutnya yaitu fiber glass. Bisa dikatakan bahan yang satu ini adalah bahan yang paling aman dalam membuat plakat, selain harganya yang murah dan tidak akan pecah, plakat dari fiber glass juga akan tampak elegan seperti menggunakan kaca namun dengan tinngkat keamanan yang lebih baik.

Bahan untuk plakat yang terakhir yaitu dari kayu ringan. Tentu saja kayu yang dipilih sebisa mungkin harus kayu ringan agar mudah diangkat dan dibawa dan juga harus kayu dengan kualitas yang bagus agar tidak mudah keropos. Dengan bahan-bahan tersebut, cara membuat plakat memiliki tingkat kerumitannya tersendiri bergantung pada design yang direquest oleh pembuat.

3. Jenis dan Bentuk Plakat

Jenis dan bentuk plakat tentu saja akan disesuaikan dengan permintaan pembuat, namun, ada aksen tersendiri dalam setiap jenis plakat berdasarkan tujuan pembuatannya. Misalnya plakat untuk piala pastilah akan dibentuk sedemikian rupa melambangkan perlombaan apa yang sedang diadakan tersebut, misalnya lomba menyanyi, si pembuat plakat mungkin akan menambahkan gambar microphone dalam plakat tersebut.

plakat 2

Nah itu dia penjelasan mengenai plakat yang harus kamu ketahui. Untuk mengetahui berbagai informasi harga plakat, kamu bisa cek di https://www.bukalapak.com/trend/plakat-akrilik.

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More